Kemenkes Sebut Indonesia Akan Terapkan Imunisasi Covid Mulai 1 Januari 2024

Berita Trend Indonesia – Seperti yang kita tahu, pada beberapa tahun yang lalu dunia dihebohkan dengan adanya pandemi Covid-19.

Sebagai informasi bahwa pandemi Covid-19 merupakan sebuah epidemi yang telah menyebar ke berbagai benua dan negara, umumnya menyerang banyak orang.

Diketahui, pandemi Covid-19 mulai melanda pada tahun 2019 sampai dengan 2022.

Adanya pandemi Covid-19 sangat menganggu dan merugikan kehidupan manusia di dunia, pasalnya banyak manusia yang menjadi korban jiwa atas adanya pandemi Covid-19.

Adanya pandemi Covid-19 juga menyebabkan perkonomian di dunia menjadi tidak stabil dan menjadi inflasi dadakan, pasalnya semua aktivitas manusia menjadi berhenti dan dilarang untuk keluar rumah jika tidak terlalu penting.

Banyak pakar ahli yang mengatakan bahwa Covid-19 tidak akan pernah musnah dari dunia, jadi solusinya yaitu kita harus mencari vaksin yang tepat untuk membentuk kekebalan tubuh manusia dari virus Covid-19.

Pada tahun 2021 para ilmuwan dan komunitas dokter dunia berhasil menemukan vaksin Covid-19.

Program vaksin Covid-19 mulai dilakukan oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 13 Januari 2021, dan penerima vaksin pertama yaitu Presiden Joko Widodo.

Para ilmuwan dan komunitas dokter dunia tidak menyerah, dan akhirnya berhasil mengembangkan vaksin Covid-19 yang tepat nutuk membentuk kekebalan tubuh manusia.

Sampai saat ini masyarakat Indonesia dianjurkan untuk melakukan program vaksin Covid-19 sebanyak tiga kali atau bisa disebut dengan vaksin booster.

Setelah dilakukan program vaksin booster Covid-19 secara massal, akhirnya tingkat kasus Covid-19 mulai mereda, dan Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan bahwa pada tanggal 21 Juni 2023 lalu Indonesia dinyatakan telah beralih dari masa pandemi menjadi endemi.

Presiden Joko Widodo mengatakan, meskipun kita telah menjadi endemi, tetapi kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Prima Yosephine mengatakan, mulai 1 Januari 2024 mendatang, Indonesia resmi melakukan program imunisasi Vaksin IndoVac dan InaVac untuk menjaga kekebalan tubuh manusia dari virus Covid-19.

 

Produk Dalam Negeri

Daftar Vaksin Covid-19 di Yogyakarta Tanpa Syarat Domisili dan Suket Usaha, Cukup Daftar di Link Ini

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Prima Yosephine menjelaskan, vaksin IndoVac dan InaVac merupakan vaksin buatan Indonesia.

Prima Yosephine juga mengaku bahwa kedua vaksin buatan Indonesia tersebut telah mempunyai izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Tanggung Jawab Pemerintah

Website Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat

Prima Yosephine mengatakan, program imunisasi Covid-19 merupakan program yang diadakan oleh pemerintah, jadi program tersebut juga merupakan tanggung jawab pemerintah.

Prima Yosephine juga mengaku bahwa program imunisasi Covid-19 akan diadakan secara gratis dan tidak memungut biaya apapun.

Disisi lain, Prima Yosepine menjelaskan bahwa porgram imunisasi Covid-19 diprioritaskan untuk tenaga medis, wanita hamil, dan kelompok rentan.

Sebelumnya, badan kesehatan dunia WHO juga menegaskan bahwwa setiap negara harus melakukan imunisasi rutin Covid-19, hal tersebut harus dilakukan karena untuk mencegah adanya penyebaran virus Covid-19 secara massal.

Related posts