Warga Gunung Mas Kalteng Dilanda Banjir Berhari-hari

Berita Trend Indonesia –¬†Kabar kurang baik datang dari saudara kita yaitu warga wilayah Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng) dilanda banjir berhari-hari.

Tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Kalimantan Tengah membuat sejumlah kabupaten terndam banjir.

Salah satunya yaitu warga yang berada di wilayah Gunung Mas, wilayah Gunung Mas dilanda banjir sejak Sabtu, 3 September 2022.

Diketahui, warga Gunung Mas harus mengungsi dan bertahan hidup dengan dinginnya air sungai Kahayan yang merendam pemukiman mereka.

Berdasarkan data dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng mengklaim bahwa ketinggian air di pemukiman warga Gunung Mas bervariasi antara 20 hingga 170 meter.

BPBD Kalteng menyebutkan bahwa ada sekitar 2.730 an kepala keluarga yang berdampak banjir.

Seorang warga Tewah yang bernama Andrian mengatakan, saat ini para warga membutuhkan pasokan air bersih dan makanan untuk bertahan hidup.

“Kami saat ini kesuitan mendapatkan pasokan air bersih dan makanan, mohon doanya agar air cepat surut,” ujar Andrian.

 

Mendirikan Dapur Umum

Pemkot Dirikan Dapur Umum dan Salurkan Ribuan Nasi Bungkus Bagi Korban Banjir

Alpianus Patanan, selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalteng mengatakan, saat ini pihaknya telah mendirikan dapur umum dan mengevaluasi para warga yang terdampak banjir.

Alpianus Patanan juga memberikan peringatan kepada warga untuk selalu berhati-hati dan siaga akan adanya banjir susulan.

“Banjir ada di empat kabupaten, bukan semua kabupaten tapi ada di beberapa titik, seperti di Kabupaten Gunung Mas yakni Kecamatan Tewah, Katingan di bagian hulu, Kotawaringin Timur di Parenggean dan Barito Utara di Kandui,” ujar Alpianus Patanan.

Alpianus Patanan mengatakan, pihaknya telah berupaya sekuat tenaga untuk melayani dan membantu warga yang terdampak banjir.

“Kami terus memantau untuk memastikan BPBD melakukan upaya penanganan yang memadai dalam melayani masyarakat yang terdampak banjir,” ujar Alpianus Patanan.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tjilik Riwut, Palangka Raya mengklaim bahwa kondisi perkiraan cuaca di Kalteng akan berpotensi hujan ringan hingga lebat di beberapa hari kedepan.

Related posts