Jika Gunung Agung Erupsi, Denpasar Menjadi Tempat Untuk Evakuasi Para Wisatawan

Jika Gunung Agung Erupsi, Denpasar Menjadi Tempat Untuk Evakuasi Para Wisatawan

Beritatrendindonesia.com – News, Kota Denpasar, Bali dikatakan menjadi tempat evakuasi wisatawan jika Gunung Agung mengalami erupsi.

“Nanti jika terjadi, akan kita tarik ke Denpasar. Sudah otomatis itu kita tarik ke Denpasar. Jika ke Kabupaten Klungkung kan dekat juga dengan Gunung Agung tersebut,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA Gede Yuniartha Putra, Selasa (26/9/2017).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengungkapkan bahwa hal yang sama dengan Agung Yuniartha. Ia melanjutkan Kota Denpasar merupakan pusat pariwisata di Bali.

“Pusat wisatawan itu kan di Denpasar, Bali Selatan. Denpasar kan jauh dari Gunung Agung. Berjarak sekitar 80 kilometer. Jadi sebenarnya Denpasar aman kok,” ucap Pitana, Selasa (26/9/2017).

Pitana mengatakan bahwa rencana evakuasi wisataawn yang terdampak ke Kota Denpasar akan diperbincangkan dengan pemerintahan Bali. Sementara itu, juga akan dibicarakan mengenai transportasi yang akan dipakai untuk mengevakuasi wisatawan nantinya.

Kementerian Pariwisata sedang menyiapkan rencana untuk penanganan wisatawan di Bali jika Gunung Agung mengalami erupsi. Hal tersebut itu sebagai langkah untuk mengantipasi penanganan wisatawan saat terjadi bencana erupsi.

Rencana dalam penanganan wisatawan jika Gunung Agung erupsi akan disusun bersamaan dengan pelaku pariwisata di Bali. Asosiasi-asosiasi akan duduk bersama dengan Kementerian Pariwisata, antara lain seperti Gabungan Industri Pariwisata Indonesia, Badan Promosi Pariwisata Daerah Bali, Himpunan Pramuwisata Indonesia, Associations of Indonesia Travel Agencies (Asita) Bali, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, dan pelaku wisata lainnya.

Related posts