Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM Menjadi Motor Listrik Secara Gratis

Berita Trend Indonesia – Seperti yang kita tahu, saat ini pemerintah sedang melakukan upaya untuk menerapkan transisi energi bahan bakar gas menjadi bahan bakar listrik.

Sebagai informasi bahwa transisi energi merupakan proses merubah penggunaan sumber energi berbasis fosil dan tidak ramah lingkungan menjadi penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan seperti panel surya, listrik, air, panas bumi, dan angin.

Transisi energi berbahan bakar minyak ke bahan bakar lilstrik dinilai mempuyai banyak manfaat, contohnya ialah seperti untuk mengatasi perubahan iklim, meningkatkan ketahanan energi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kualitas udara, dan membangun masa depan yang berkelanjutan.

Diketahui, saat ini sudah ada sejumlah merek motor dan mobil listrik yang beredar dan diperjualbelikan di Indonesia.

Namun, pada realitanya motor atau mobil listrik belum banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pemerintah menerapkan beberapa upaya guna mempercepat perataan penggunaan motor atau mobil listrik di Indonesia, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah ialah dengan memberikan subsidi kepada masyarakat yang hendak membeli motor atau mobil listrik.

Bukan hanya itu, pemerintah juga telah memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang tujuan dan manfaat menggunakan motor atau mobil listrik.

Bahkan, motor atau mobil listrik juga dinilai mempunyai banyak manfaat dan kegunaan jika dibandingkan dengan motor berbahan bakar minyak (BBM).

Baru-baru ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga telah mengajak masyarakat pengguna kendaraan motor beroda dua yang berbahan bakar minyak (BBM) untuk melakukan konversi motor listrik gratis.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Eniya Listiani Dewi menjelaskan, bagi masyarakat yang berminat untuk melakukan konversi motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik, silahkan langsung mengunjungi website ESDM untuk informasi lebih lanjut.

Eniya Listiani Dewi menjelaskan, konversi motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik dapat dilakukan di bengkel yang sudah tersertifikasi dengan pihak ESDM, dan untuk melihat info bengkel silahkan mengunjungi website ebtke.esdm.go.id/konversi.

Eniya Listiani Dewi mengaku bahwa upaya konversi motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik dilakukan karena untuk percepatan pemerataan motor listrik di Indonesia.

 

Program CSR

7 Merek Motor Listrik yang Dijual di Indonesia dan Harganya Halaman all - Kompas.com

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Eniya Listiani Dewi mengatakan, dana subsidi konversi motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik diambil dari program corporate social responsibility (CSR).

Sebagai informasi bahwa CSR merupakan suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan seperti terhadap masalah-masalah yang berdampak pada lingkungan seperti polusi, limbah, keamanan produk dan tenaga kerja.

Dana CSR biasanya digunakan untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat, dan lain-lain.

Eniya Listiani Dewi menjelaskan, pihak ESDM juga mengajak para pelaku usaha swasta untuk turut andil dalam memberikan CSR.

Eniya Listiani Dewi juga menjelaskan bahwa jika ada pelaku usaha swasta yang berminat untuk memberikan CSR, maka pelaku usaha dapat langsung menghubungi pihak ESDM.

Related posts