Kanselir Merkel Sepakat Memberikan Sanksi Yang Keras Terhadap Korut

Kanselir Merkel Sepakat Memberikan Sanksi Yang Keras Terhadap Korut

Beritatrendindonesia.com – News, Kanselir Jerman, Angela Merkel, sepakat untuk memberikan sanksi lebih berat kepada rezim Kim Jong Un di Korea Utara.

Kesepakatan dicapai saat Merkel berbincang dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae In pada Senin (4/9/2017).

“Yang terpenting merupakan harus adanya koordinasi yang jelas antara sekutu menghadapi isu ini,” demikian isi dari pernyataan Merkel melalui juru bicaranya.

“Tujuan utamanya merupakan tetap untuk menghindari terjadinya konflik militer dan sebisa mungkin mencari solusi damai.”

Merkel juga sepakat agar dunia internasional segera mengambil keputusan dan tindakan secepat mungkin untuk memberikan sanksi yang lebih berat terhadap Pyongyang.

Kanselir yang sedang bertarung untuk periode keempat kekuasaannya, dan menekankan pentingnya peran Amerika Serikat dalam menghadapi konflik.

“Kita membutuhkan AS sebagai kekuatan untuk perdamaian,” ucap Duta Besar AS di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Nikki Haley di Washington DC.

Dia akan memberikan keputusan mengenai sanksi baru untuk diperbincangkan dalam beberapa hari mendatang, dan akan dilakukan pemungutan suara pada Senin pekan depan.

“Hanya sanksi yang keras yang akan memungkinkan kita menyelesaikan konflik ini melalui diplomasi,” ungkap Haley.

Korut yang kembali memicu ketegangan global setelah meledakkan apa yang digambarkannya dan dikatakan sebagai bom hidrogen. Bom itu dirancang untuk digunakan pada peluru kendali jarak jauh.

Ledakan dibawah tanah itu dikatakan mempunyai hasil antara 50-100 kiloton, atau lima kali lebih kuat daripada bom yang diledakkan di Hiroshima.

Related posts