Ternyata Banyak Manfaat Dari Menggendong Bayi

Ternyata Banyak Manfaat Dari Menggendong Bayi

Beritatrendindonesia.com – News, Jangan ragu untuk sering menggendong dan memeluk bayi hanya karena takut bayi akan “bau pada tangan” atau manja. Peneliti mengatakan bahwa menggendong lebih sering justru memiliki banyak manfaatnya.

Menggendong dan memeluk bayi bukan hanya dapat memberikan kenyamanan, akan tetapi juga berdampak positif terhadap perkembangan otak bayi.

Penelitian yang dilakukan Nationwide Children’s Hospital di Ohio, AS, mengobservasi 125 bayi prematur dan yang lahir cukup bulan untuk melihat bagaimana respon sang bayi terhadap sentuhan lembut.

Hasilnya menunjukkan, bayi prematur cenderung mempunyai respon yang lebih rendah terhadap sentuhan ketimbang bayi yang cukup bulan. Bayi prematur yang banyak mendapatkan prosedur medis juga responnya lebih sedikit.

Namun, bayi prematur yang sering mendapatkan sentuhan lembut dari orangtuanya ternyata akan mengalami perkembangan respon terhadap sentuhan ketimbang bati yang jarang disentuh.

“Sentuhan lembut dan suportif seperti sentuhan skin-to-skin akan membantu perkembangan otak bayi,” ungkap Dr.Nathalie Maitre, yang melakukan studi ini.

Pakar perkembangan anak dr.William Sears juga mengatakan bahwa menggendong bayi adalah bagian penting dalam mengasuh anak. Bayi yang sering digendong akan merasa lebih bahagia dan mempunyai ikatan yang kuat dengan orangtuanya.

Related posts