Dua Reaktor Nuklir Fukushima Akan Segera Diaktifkan Kembali

Dua Reaktor Nuklir Fukushima Akan Segera Diaktifkan Kembali

Beritatrendindonesia.com – News, Operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir ( PLTN) Fukushima Daiichi, Rabu (4/10/2017), mendapatkan kembali izin untuk mengaktifkan lagi dua reaktor di jepang.

Izin tersebut diberikan untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir terjadinya kebocoran yang dihantam tsunami pada 2011. Kecelakaan nuklir itu yang terburuk dalam beberapa dekade.

Menurut The Guardian, regulator nuklir Jepang, Rabu, sudah memberikan sebuah persetujuan awal kepada Tokyo Electric Power (Tepco) untuk mengoperasikan lagi dua reaktor di Kashiwazaki-Kariwa (PLTN), yang terbesar di dunia .

Pembangkit listrik yang terdapat di prefektur Niigata itu berhenti melakukan operasi sejak bencana tsunami yang menyebabkan terjadinya kebocoran.

Beberapa PLTN lainnya di pesisir Jepang yang terkena dampak gempa berkekuatan 9,0 pada skala Richter, Maret 2011 rusak atau bocor tidak saja oleh getaran gempat tetapi oleh tsunami besar.

Tsunami saat itu merusak sistem pendingin reaktor di PLTN Fukushima di wilayah timur laut Jepang. Akibat kerusakan yang terjadi itu, reaktor mengeluarkan radiasi.

Bencana dari kerhancuran reaktor di Fukushima yang mengeluarkan radiasi itu adalah sebuah bencana nuklir yang paling mematikan sejak Chernobyl pada 1986.

Kantor berita Perancis, AFP, melaporkan, TEPCO mengantungi persetujuan keselamatan karena otoritas menilai bahwa kedua reaktor tersebut memenuhi standar keselamatan lebih ketat yang diberlakukan setelah terjadi bencana itu.

Akan tetapi, TEPCO masih membutuhkan persetujuan warga setempat untuk menghidupkan kembali reaktor, dan hal tersebut dapat memakan waktu lama.

Related posts