Cara Bagus Untuk Tidur Lebih Cepat Saat Stres

Cara Bagus Untuk Tidur Lebih Cepat Saat Stres

Beritatrendindonesia.com – News, Tidur tentunya menjadi tantangan tersendiri terhadap sejumlah orang yang mempunyai banyak beban pikiran atau sedang stres. Saat stres atau merasa cemas, banyak orang cenderung merasa sulit tidur di malam hari.

Apabila Anda juga sering mengalami hal ini, tidak perlu khawatir. Sebab ada satu cara pernapasan yang harus Anda ketahui, yaitu 4-7-8.

Sederhana, Anda hanya perlu bernafas selama 4detik, menahannya selama 7 detik, kemudian lepaskan selama 8 detik setelahnya. Menurut ahli, cara ini dapat memberikan efek terhadap otak dan memperlambat detak jantung, dan dapat membuat tidur di malam hari lebih nyaman.

Saat Anda merasa stres atau mungkin cemas, aliran darah dan detak jantung akan meningkat jauh lebih cepat dari biasanya. Teknik pernapasan ini akan memaksa tubh Anda untuk memperlambat detak jantung, agar lebih mudah tidur dan nyaman.

Selain daripada itu, saat Anda merasa stress atau cemas, Anda cenderung tidak bernafas atau tanpa disadari Anda menahan napas. Dengan menarik napas selama 4 detik, Anda memaksa tubuh untuk mengambil oksigen lebih banyak, menahannya selama 7 detik berarti membiarkan oksigen tersebut mempengaruhi aliran darah Anda, serta melepaskannya selama 8 detik akan mengeluarkan semua karbon dioksida dari paru-paru Anda.

Cara Tidur di Saat Merasa Stres

Pada mulanya cara ini akan membuat Anda sedikit pusing, namun terbukti dapat merilekskan hati, pikiran, dan keseluruhan sistem saraf pusat. Cara pernapasan ini sudah lama menjadi bagian dari yoga, akan tetapi tidak begitu populer dalam budaya barat.

Cara ini dapat Anda lakukan kapanpun, termasuk jika Anda tiba-tiba terbangun di tengah malam dan mendapati diri sendiri memikirkan sesuatu yang seharusnya tidak dipikirkan.

Related posts