Presiden Joko Widodo Meminta Seluruh Kepala Desa Untuk Menjaga Pemilu 2024 Agar Tidak Ada Kecurangan

Berita Trend Indonesia – Seperti yang kita tahu, sebentar lagi kita akan merayakan pesta rakyat dan pesta politik, pesta yang dimaksud ialah Pemilihan Umum 2024.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah resmi mengumumkan bahwa Pemilu akan diselenggarakan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sebagai informasi bahwa Pemilu harus dilakukan secara Luberjurdil, yakni yang berarti (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil).

Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh jajaran yang berkaitan dengan Pemilu untuk dapat bekerja dengan jujur dan tanpa adanya kecurangan sedikitpun.

Presiden Joko Widodo juga meminta kepada seluruh Kepala Desa untuk memastikan bahwa daerahnya bersih dari suap dan kecurangan.

Hal tersebut disampaikan saat Presiden Joko Widodo mengumpulkan Aliansi Lintas Aosisasi Kepala Desa di Istana Kepresidenan, pada Jumat, 29 Desember 2023.

Diketahui, acara aliansi tersebut dihadiri oleh beberapa asosiasi kepada desa contohnya ialah seperti, Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jawa Timur, Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI), dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI).

Presiden Joko Widodo berharap agar Pemilu 2024 dapat berjalana dengan damai, lancar, dan tidak ada kecurangan apapun dalam proses pemungutan suara.

Bendahara Umum DPP PAPDESI Sujiono mengatakan, dirinya sangat setuju dengan Presiden Joko Widodo yang meminta seluruh Kepala Desa harus turut ambil bagian dalam menjaga Pemilu 2024.

Bendahara Umum DPP PAPDESI Sujiono mengaku bahwa sampai saat ini pihaknya terus mengedukasi masyarakat di daerahnya untuk memilih sesuai hati nurani, dan tanpa adanya suap atau paksaan dari pihak manapun.

 

Berkomitmen Menjaga Pemilu 2024

Hadiri Silaturahmi Nasional Apdesi, Presiden Jokowi Apresiasi Peran Perangkat Desa dalam Penanganan Covid-19

Sekretaris Jenderal PAPDESI Senthot Rudi Prastiono mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk menjalankan amanah dari Presiden Joko Widodo yaitu turut menjaga Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal PAPDESI Senthot Rudi Prastiono juga menjelaskan bahwa pihaknya akan turun ke lapangan dan memastikan agar masyarakat terus berjalan tegak lurus dan independen dengan pilihannya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

 

Membahas UU Desa

Jokowi 3 Periode, Dukungan Kepala Desa di Apdesi Disebut Klaim Sepihak - Berita Utama - koran.tempo.co

Bukan hanya membahas soal menjaga Pemilu 2024 saja, tetapi, pertemuan Presiden Joko Widodo dan Aliansi Lintas Aosisasi Kepala Desa di Istana Kepresidenan yaitu juga untuk membahas revisi Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Sebagai informasi bahwa Undang-Undang (UU) Desa harus dilakukan revisi karena saat ini DPR RI sudah akan memasuki masa reses.

Diketahui, sebelumnya sudah ada sejumlah perwakilan Kepala Desa meminta perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo, hal tersebut juga disampaikan langsung oleh 15 Kepala Desa saat menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Selasa, 7 November 2023.

Ketua DPP Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Surta Wijaya mengatakan, meskipun pihaknya telah mengusulkan perpanjangan masa jabatan atau periodisasi, tetapi, hasil akhirnya nanti yang berhak menentukan ialah pihak eksekutif dan legislatif.

Ketua DPP Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Surta Wijaya juga menjelaskan bahwa para pihak asosiasi kepala desa juga mendorong agar 70 persen penggunaan dana desa diatur oleh desa.

Related posts