Luhut Akui Dapat Tugas Dari Presiden Joko Widodo Untuk Menjadikan Indonesia Sebagai Pusat Maritim Dunia

Berita Trend Indonesia –¬†Seperti yang kita tahu, negara Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Sebagai informasi bahwa negara Indonesia merupakan negara yang diapit oleh banyak pulau, dan negara Indonesia juga dikenal sebagai negara yang diapit oleh dua Samudera, yakni Samudera Hindia di sebelah Barat dan Selatan dan Samudera Pasifik di sebelah Timur Laut.

Negara Indonesia dipercaya mempunyai kekayaan alam yang melimpah, khususnya kekayaan alam dalam dunia kelautan.

Diketahui, pertumbuhan nilai ekspor produk kelautan dan perikanan di Indonesia menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi negara tetangga, pasalnya Indonesia mempunyai banyak jenis dan jumlah ikan, keindahan laut, dan kekayaan laut.

Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat harus dapat mengelola kekayaan laut di Indonesia, agar kekayaan tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu mendongkrak perkonomian nasional.

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat peradaban maritim dunia.

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dirinya memang benar bahwa telah mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo yaitu untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat peradaban maritim dunia.

Luhut Binsar Pandjaitan mengaku bahwa dirinya juga ingin menjadikan Indonesia sebagai negara maritim dunia, dan dirinya optimis bahwa hal tersebut akan terealisasikan.

 

Pendapat Luhut Binsar Pandjaitan

Profil Luhut Binsar Pandjaitan Lengkap dengan Harta Kekayaannya - Nasional Katadata.co.id

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, jika dilihat secara geografis maka hampir 75 persen wilayah di Indonesia merupakan kelautan.

Luhut Binsar Pandjaitan juga menjelaskan bahwa Indonesia telah mempunyai lagu yang menggambarkan kekayaan alam kelautan Indonesia, yakni lagu “nenek moyangku seorang pelaut”.

Luhut Binsar Pandjaitan mengaku bahwa saat ini pihaknya telah melakukan strategi dan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas dari Presiden Joko Widodo.

 

Potensi Kekayaan Laut Indonesia

Laut Indonesia sebagai Pesona Dunia dan Masa Depan Bangsa Halaman 1 - Kompasiana.com

Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, kita mempunyai beberapa potensi maritim Indonesia yang perlu ditingkatkan, salah satunya ialah meningkatkan jumlah budidaya laut setiap tahunnya.

Diketahui, saat ini sudah ada sebanyak 12 ton ikan yang layak ditangkap dan dikonsumsi setiap tahunnya.

Luhut Binsar Pandjaitan juga mengklaim bahwa saat ini sudah ada banyak perdagangan dunia melalui sektor kelautan.

Hal tersebut menunjukan bahwa negara Indonesia mempunyai peluang yang besar dalam merealisasikan peradaban maritim dunia.

 

Mega Biodiversity

Keanekaragaman Hayati laut Indonesia - Samudera Kepri

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, saat ini negara Indonesia mempunyai potensi atau peluang dalam dunia Mega Biodiversity.

Diketahui, Mega Biodiversity merupakan istilah bagi negara yang memiliki keanekaragaman hayati lebih banyak dibandingkan dengan negara-negara lain.

Oleh karena itu, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku bahwa dirinya sangat senang karena menerima tugas dari Presiden Joko Widodo, pasalnya tugas tersebut merupakan peluang bagi negara Indonesia dalam mengembangkan dunia kelautan.

Related posts