Lawan Menjadi Kawan, Prabowo Masuk Kabinet Jokowi

Beritatrendindonesia.com – Pada hari Senin (21/10), Prabowo sudah di konfirmasi masuk ke dalam kabinet pemerintahan Jokowi 2019-2024 sebagai menteri pertahanan.

“Kami telah diminta untuk memperkuat kabinet di daerah pertahanan dan kami siap membantu,” kata Prabowo setelah bertemu Jokowi di istana presiden Jakarta.

“Saya akan bekerja keras untuk memenuhi semua tujuan dan harapan [Pak Jokowi],” katanya.

Aliansi baru antara kedua orang ini – yang dimulai sebagai sekutu politik hampir satu dekade yang lalu dalam kepribadian Indonesia, bukan politik yang didorong oleh ideologi – memiliki potensi untuk membentuk kembali dan berkontribusi pada penurunan kualitas demokrasi Indonesia.

Dalam satu hari mendorong, menangani dan penampilan yang dikelola panggung di Istana menjelang pengumuman yang diharapkan dari kabinet anggota 34 pada Rabu (23/10) sore janji lainnya menjadi jelas juga.

Pengusaha miliarder dan mogul media Erick Thohir, yang menjabat sebagai ketua kampanye untuk Joko; Mohammad Mahfud MD, mantan kepala pengadilan di Mahkamah Konstitusi; dan Nadiem Makarim, pendiri aplikasi Go-Jek yang sekarang bernilai lebih dari $ 14 miliar, juga tampaknya akan ditunjuk.

“Saya ingin menteri yang ditunjuk menjadi tokoh yang inovatif, produktif, serta pekerja keras dan cepat. Tokoh yang tidak terjebak dalam rutinitas monoton,” kata Jokowi di Twitter.

Sri Mulyani, yang telah menjabat sebagai menteri keuangan untuk kedua mantan presiden SBY dan Jokowi dan yang merupakan mantan direktur Bank Dunia diperkirakan akan tetap, sementara kepala Badan Koordinasi Penanaman Sbowin yang baru Tom Lembong dapat dipromosikan.

Tetapi ada kekhawatiran tentang berapa banyak penunjukan politik yang harus dilakukan Jokowi untuk memuaskan mereka dalam koalisi yang semakin luas – tak terkecuali mantan presiden Megawati Sukarnoputri, yang telah menggerakkan putrinya Puan Maharani ke pekerjaan Ketua Parlemen dan yang sering berada di berselisih dengan Jokowi – meskipun mereka berada di partai politik yang sama, PDI-P.

Campuran para pemimpin bisnis dan teknokrat yang dipilih versus orang-orang yang diangkat secara politis yang dipaksakan oleh mitra-mitra koalisi diawasi dengan cermat sebagai tanda pada apakah Joko akan dapat melanjutkan reformasi ekonomi yang menyambut investasi asing, mengurangi birokrasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi ke-7 target persen.

Jokowi telah menghadapi protes selama berminggu-minggu atas undang-undang yang memusnahkan komisi anti-korupsi yang disegani, kerusuhan pro-kemerdekaan yang mematikan di Papua, mengusulkan perubahan pada kode kriminal negara dan bahkan dorongan oleh sekutu partai politiknya untuk mengubah konstitusi untuk membiarkan Parlemen lagi pilih presiden – bukan pemilih.

Related posts