1000 Lilin Sebagai Bentuk Protes Pembakaran Bunga

1000-lilin-sebagai-bentuk-protes-pembakaran-bunga

Beritatrendindonesia.com – News Ratusan relawan pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dengan kata lain Ahok serta Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat lakukan tindakan seribu lilin di depan gedung Balai Kota DKI. Tindakan ini adalah bentuk memprotes mereka atas insiden pembakaran karangan bunga untuk Ahok-Djarot oleh massa buruh pada Senin (1/5) siang tadi.

Satu diantara relawan, Suli (32) menyesalkan sikap para buruh yang membakar karangan bunga itu. Dia menyebutkan, para buruh harusnya bisa lakukan aksi damai tanpa ada melaksanakan pembakaran.

” Ya ini spontanitas saja. Kami tak suka dengan cara mereka bakar-bakar karangan bunga, ” tutur Suli di depan gedung Balai Kota.

Suli menyampaikan, tindakan ini bakal berjalan sampai pukul 21. 00 WIB. Mereka jalan memutar melewati Bundaran Patung Kuda serta menempatkan lilin di tepi jalan sebelum saat kembali di titik kumpul depan gedung Balai Kota.

Beberapa kali sejumlah pengendara mobil melambatkan laju kendaraannya saat melewati kerumunan para pendukung. Mereka turut membuka kaca jendela mobil sembari mengacungkan dua jari sebagai bentuk dukungan pada Ahok-Djarot.

” Relawan kami datang dari berbagai daerah, tidak hanya di Jakarta namun ada pula dari Yogyakarta, Manado, serta daerah lain, ” tuturnya.

Hal seirama diungkapkan relawan dari Komunitas Asik Ahok-Djarot, Diana (34). Ia mengaku tertarik ikuti aksi ini sebagai bentuk solidaritas pendukung Ahok-Djarot. Warga Tomang, Jakarta, ini mengakui gerah dengan tindakan para buruh yang membakar karangan bunga.

Baca Juga : ” Aksi Buruh Di Warnai Pembakaran Papan Bunga Ahok “

” Ini sebenarnya gerah saja sama tingkah mereka. Apa salahnya si bunga. Mereka memanglah mencari masalah saja tuh, ” katanya.

Sebelumnya di sela-sela aksi perayaan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2017, peserta demo membakar karangan bunga untuk Ahok-Djarot. Tindakan pembakaran ini dilakukan pedemo buruh di depan Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan serta di dekat gedung Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Bahan styrofoam yang melekat pada karangan bunga bikin api berkobar dengan cepat. Api juga membumbung tinggi dengan cepat, untung saja petugas keamanan serta Satpol PP cepat bergerak memadamkan api.

Video pembakaran karangan bunga beredar di sosial media, terlihat tidak jauh dari tempat pembakaran ada mobil komando bertuliskan Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, serta Mesin Serikat Pekerja Semua Indonesia (FSP LEM PSI) DKI Jakarta.

“Kita awali May Day ini dengan bersih-bersih Balai Kota, ” teriak orator dari mobil komando.

Disamping itu terlihat berlarian buruh yang menumpuk serta membakar karangan bunga hingga api membumbung tinggi.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Jupan Royter menyebutkan Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik serta Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) Idrus mendatanginya serta mengemukakan permintaan maaf atas pembakaran karangan bunga.

“Dia datang meminta maaf mengatakan pembakaran bunga sebagai aksi spontan serta tidak disengaja, ”

FSP LEM SPSI DKI Jakarta, adalah salah satunya organisasi buruh yang menandatangani kontrak politik dengan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Related posts