Korut Mengatakan Sanksi-sanksi Yang Diberikan Hanya Akan Mempercepat Kemajuan Senjata Nuklir

Korut Mengatakan Sanksi-sanksi Yang Diberikan Hanya Akan Mempercepat Kemajuan Senjata Nuklir

Beritatrendindonesia.com – News, Korea Utara (Korut) mengatakan penjatuhan sanksi yang diberikan hanya akan semakin mempercepat kemajuan program senjata nuklir rezim komunis itu. Korut memberikan kecaman sanksi-sanksi baru terhadapnya sebagai hal yang keji, tidak etis dan tidak manusiawi.

Reaksi keras ini disampaikan Kementerian Luar Negeri Korut saat Sidang Majelis Umum PBB yang dihadiri oleh pemimpin-pemimpin dunia, tengah dilaksanakan di New York, Amerika Serikat (AS). Isu Korut mendominasi pembahasan dalam forum internasional itu.

Pada pekan lalu, Dewan Keamanan PBB memberlakukan serangkaian sanksi baru untuk Korut. Sanksi baru PBB itu mengatur mengenai penerapan larangan ekspor tekstil Korut, pembekuan izin kerja untuk pekerja Korut dan pembatasan impor minyak mentah.

Kementerian Luar Negeri Korut dalam pernyataannya yang mengungkapkan pembatasan ekonomi terhadap negaranya sebagai bentuk kekejian untuk ‘memusnahkan’ rakyat Korut.

Efektif atau tidaknya sanksi yang diberikan untuk Korut semua bergantung sepenuhnya pada China, yang merupakan satu-satunya sekutu dan mitra ekonomi utama Korut. Sanksi yang diberikan akan berjalan efektif apabila China bersedia menerapkannya secara penuh terhadap Korut.

Korut juga menanggapi mengenai aksi AS yang menerbangkan empat jet tempur siluman F-35B dan dua pesawat pengebom B-1B di atas Semenanjung Korea pada Senin (18/9) waktu setempat. Aksi itu dikatakan sebagai wujud pamer kekuatan juga untuk ‘latihan simulasi pengeboman.

Related posts