Korlantas Polri Sebut Arus Balik Mudik Lebaran Masih Terjadi di Jalur Jawa Barat dan Jawa Tengah

Berita Trend Indonesia – Seperti yang kita tahu, hari raya Idul Fitri Ke-1445 Hijriah atau Lebaran 2024 sudah berlalu.

Sebagai informasi bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang masih melakukan arus balik mudik Lebaran 2024.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, libur Lebaran Idul Fitri 2024 akan berlangsung sampai Senin, 15 April 2024, dan masyarakat akan kembali beraktivitas pada Selasa, 16 April 2024.

Dengan demikian, maka dapat dilihat bahwa masyarakat akan melakukan arus mudik lebaran 2024 pada 12-16 April 2024, dan puncak arus mudik lebaran 2024 akan berlangsung pada 14-16 April 2024.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengumumkan bahwa arus balik lebaran 2024 terus berlangsung sampai hari ini, Selasa, 16 April 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, kepadatan arus balik labaran 2024 terjadi di ruas jalan Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng).

Karena adanya kepadatan di ruas jalan Jabar dan Jateng, akhirnya pihak Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas yakni one way.

Diketahui, terdapat beberapa titik kepadatan arus balik lebaran 2024 di arteri selatan Jawa Barat yaitu terjadi di Gentong, Limbangan, Pasar Lewu, sampai, Malangbong.

Selanjutnya, untuk titik kepadatan arus balik lebaran 2024 di ruas jalan Jawa Tengah yaitu terjadi di Pejagan menuju Banyumas.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan Pos Jasamarga KM 70, pada Selasa, 16 April 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menjelaskan, untuk ruas jalan sektor pariwisata juga mengalami kepadatan setiap harinya, dan sejak beberapa hari yang lalu, pihaknya juga telah memberlakukan rekayasa lalu lintas yakni pembatasan ganjil genap, tepatnya di daerah Bandung, Jawa Tengah, Banten.

 

Jasa Marga Akui 162 Ribu Kendaraan Kembali Ke Jabodetabek Dari Tol Japek

Kenaikan Tarif Tol Cikampek Mulai Berlaku, Segini Biaya Sampai Bandung - Industri Katadata.co.id

Pihak Jasa Marga mengumumkan bahwa arus balik tertinggi terjadi pada H+4 hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani menjelaskan, terdapat 162 ribu kendaraan yang melintas pada H+4 Lebaran, 162 ribu kendaraan tersebut melintas dari arah Timur yakni Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon, Bandung, dan 162 ribu kendaraan tersebut menuju ke arah Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Faiza Riani mengaku bahwa angka 162 ribu kendaraan tersebut naik sekitar 198 persen dari lalu lintas normal 2024 yakni sebesar 54 ribu, dan naik sekitar 50 persen dari Lebaran 2024 yakni sebesar 107 kendaraan.

Faiza Riani menjelaskan, pihaknya telah memprediksi bahwa volume kendaraan akan terus mengalami peningkatan hingga H+7 Lebaran yakni Kamis, 18 April 2024.

 

Tanggapan Pemerintah Provinsi Jabar

Tol Jakarta-Cikampek ramai lancar - ANTARA News Jawa Barat

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Herman Suryatman turut memberikan tanggapan mengenai kepadatan lalu lintas yang ada di daerah Jawa Barat.

Herman Suryatman mengatakan, rata-rata ada 30.000 sampai 45.000 kendaraan yang melintas setiap hari di masa arus balik.

Herman Suryatman menjelaskan bahwa Dinas Perhubungan Jawa Barat telah melakukan penerapan sistem buka tutup arus kendaraan agar mengurangi kepadatan kendaraan di Jawa Barat.

Disisi lain, Herman Suryatman juga menjelaskan bahwa penerapan sistem buka tutup jalur di lakukan di beberapa titik rawan kemacetan, yakni seperti kawasan Puncak Bogor, beberapa di titik jalur Cileunyi-Tasikmalaya antara lain Limbangan dan Gentong, jalur Tol Jakarta-Cikampek, terutama gerbang tol utama Cikampek, Tol Cipali, Tol Palikanci, dan sejumlah titik di objek wisata.

Herman Suryatman juga menjelaskan bahwa Dinas Perhubungan Jawa Barat telah membangun 12 posko Dishub sejak H-7 Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Posko Dishub tersebut digunakan untuk memantau adanya kemacetan yang sangat parah, dan untuk merespon adanya kejadian-kejadian tertentu.

 

Tanggapan Menhub

Menhub: Puncak Arus Mudik 2022 di Nagreg Berjalan Lancar | Republika Online

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan sejumlah jajaran, seperti  TNI, Polri, dan Pemerintah setempat untuk memberikan pelayanan dan pengamanan selama arus mudik Lebaran 2024.

Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa semua jajaran telah berupaya semaksimal mungkin, bahkan mereka juga kekurangan waktu tidur dan istirahat demi memantau pergerakan arus lalu lintas.

Related posts