Kemenkes Sebut Sebentar Lagi Akan Ada Vaksin Covid-19 Dosis Ke-5

Berita Trend Indonesia – Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan kabar bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan sebentar lagi akan ada pemberian vaksin booster ketiga atau vaksinasi Covid-19 dosis ke-5 bagi masyarakat Indonesia.

Pihak Kementerian Kesehatan mengklaim bahwa pemberian vaksinasi dosis ke-5 tersebut harus dilakukan karena saat ini kasus Covid-19 mulai muncul lagi akibat adanya varian baru yakni EG.5.

Pihak Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa saat ini para ahli sedang meneliti apakah akan ada lonjakan kasus Covid-19 setelah adanya libur Nataru mendatang.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, rencana pemberian vaksinasi Covid-19 dosis ke-5 masih dalam tahap pembahasan, dan pihaknya juga sedang melakukan penelitian tentang kelompok masyarakat siapa saja yang rentan terkena Covid-19 varian EG.5.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menunggu informasi lebih lanjut dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait pemberian vaksinasi Covid-19 dosis ke-5.

Direktur Jenderal Pelayanan Kemenkes RI Azhar Jaya mengatakan, pihaknya sudah siap untuk menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ke-5 secara massal di Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19, baik dosis primer maupun booster.

 

Memberikan Layanan Vaksinasi Covid-19 di Seluruh Daerah Indonesia

Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Madurejo Pangkalan Bun - MULTIMEDIA CENTER PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini pihak Kementerian Kesehatan RI telah meminta kepada seluruh Puskesmas dan Fasyankes untuk memberikan layanan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat yang terdaftar di daerahnya.

Siti Nadia Tarmizi juga meminta seluruh Puskesmas dan Fasyankes untuk memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 tercukupi.

 

Penjelasan WHO

Perlu Tahu, Ini Fakta Lengkap Mengenai Vaksin COVID-19

WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) mengatakan, vaksinasi Covid-19 sangatlah penting untuk meningkatkan kekebelan tubuh setiap manusia, khususnya pada kelompok rentan dan lansia.

WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) mengklaim bahwa vaksin Covid-19 telah menyelamatkan nyawa banyak orang di dunia.

Sebagai informasi bahwa pada tahun 2021 lalu sudah ada 13 miliar dosis vaksin Covid-19 yang tersebar di dunia.

 

Prioritas Penerima Vaksinasi Covid-19

Vaksin lansia: Mayoritas warga lanjut usia belum divaksin, dari bingung proses daftar hingga cemaskan efek samping - BBC News Indonesia

WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) menjelaskan, terdapat beberapa kelompok prioritas penerima vaksinasi Covid-19, kelompok prioritas tersebut ialah seperti orang tua, orang lanjut usia.

Selanjutnya, kelompok yang mempunyai penyakit kronis seperti penderita diabetes, penyakit paru-paru kronis, jantung, hati, ginjal, dan penyakit kronis lainnya.

Sedangkan, untuk kelompok yang tidak di prioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 ialah seperti anak-anak, remaja sehat, dan kelompok prioritas rendah lainnya.

Related posts