Heboh TikTok Shop Resmi Berkolaborasi Dengan Tokopedia

Berita Trend Indonesia – Seperti yang kita tahu, pada beberapa bulan yang lalu, pemerintah Indonesia resmi memblokir layanan belanja online TikTok Shop.

Pemerintah Indonesia mengklaim bahwa TikTok Shop tidak mempunyai izin berjualan di Indonesia, dan TikTok hanya terdaftar izin sebagai platform sosial media di Indonesia.

Pemerintah Indonesia juga menjelaskan bahwa saat ini platform sosial media dan platform e-commerce harus dibedakan.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, pemerintah resmi menutup layanan TikTok Shop karena untuk melindungi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di Indonesia.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya telah membuat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023, yang sebelumnya dari revisi dari Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Dalam Permendag No 31 tahun 2023 tertulis bahwa, aktivitas e-commerce dan media sosial harus dipisahkan, dan wajib hukumnya untuk dipatuhi oleh seluruh platform media sosial dan platform e-commerce yang terdaftar di Indonesia.

Meskipun TikTok Shop telah resmi ditutup oleh pemertintah Indonesia, tetapi, baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan kabar bahwa TikTok Shop akan melakukan kolaborasi dengan Tokopedia.

Banyak warganet yang bertanya-tanya apakah kabar tentang TikTok Shop yang berkolaborasi dengan Tokopedia tersebut benar adanya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, memang benar bahwa saat ini Tiktok Shop telah melakukan kolaborasi dengan Tokopedia, namun, saat ini masih masuk dalam tahap uji coba.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa kolaborasi TiTok Shop dengan Tokopedia tersebut membutuhkan teknologi yang tinggi.

Oleh karena itu, membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 bulan-an untuk menyempurnakan kolaborasi antara kedua platform tersebut.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengaku bahwa nantinya pemerintah akan melakukan penelitian atau penilaian tentang dampak positif dan negatif dari kerja sama yang dilakukan oleh TikTok Shop dan Tokopedia.

 

Mendukung UMKM

Sah Gandeng Tokopedia, TikTok Shop Janji Dukung UMKM? : Okezone techno

Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan, pihak Tokopedia dan TikTok Shop telah berkomitmen untuk mendukung para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia.

Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto mengaku bahwa saat ini pihaknya juga telah mempersiapkan beberapa program seperti hilirisasi UMKM.

Diketahui, tim Kemendag (Kementerian Perdagangan) akan ikut serta dalam melakukan pengembangan dan penyempurnaan kolaborasi antara TikTok Shop dengan Tokopedia.

Direktur Eksekutif Ecommerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo mengatakan, alasan pihak TikTok untuk melakukan kolaborasi dengan Tokopedia karena keduanya saling mempunyai kesamaan visi dan misi yang diusung.

Direktur Eksekutif Ecommerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo menjelaskan, visi dan misi tersebut ialah menjunjung tinggi bisnis lokal UMKM dan kreator di Indonesia.

 

Program Perdana TikTok Shop dan Tokopedia

Pemerintah Beri Waktu 4 Bulan Uji Coba Sinergi TikTok Shop dan Tokopedia

Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan, pihak TikTok Shop dan Tokopedia mempunyai program perdana yang akan diusungnya dalam kolaborasinya, program perdana tersebut ialah Harbolnas 12.12.

Dalam program perdana Harbolnas 12.12 tersebut TikTok Shop dan Tokopedia mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli produk lokal dan dapat mendorong UMKM.

Bukan hanya program Harbolnas 12.12 saja, tetapi, saat ini TikTok Shop dan Tokopedia telah mempersiapkan beberapa program lain untuk mengangkat dan mendukung produk lokal.

Related posts