Kasus Paspor Kembali Lagi Terjadi Kepada 2 Jemaah, Bagaimana Bisa?

Kasus Paspor Kembali Lagi Terjadi Kepada 2 Jemaah, Bagaimana Bisa

Beritatrendindonesia.com – News, Mengenai kasus paspor dan imigrasi kembali lagi terjadi di hari terakhir pergeseran jemaah dari Madinah ke Mekah, Minggu (20/8/2017). Dua jemaah kloter 46 Embarkasi Solo (SOC 46) mengalami penundaan keberangkatan. Sekarang ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah sedang berusaha menanganinya.

Kepala Daker Madinah, Amin Handoyo, mengungkapkan paspor 2 jemaah tersebut seharusnya diberikan kepada muassasah (penyelenggara haji Saudi) setelah menuntaskan urusan imigrasi di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, akan tetapi malah dibawa sendiri. Alhasil paspor mereka tidak diproseskan atau di input muassasah ke sistem e-Haji.

“Kami upayakan untuk segera menyelesaikan dan nantinya akan diberangkatkan ke Mekah dengan mobil kami,” ucap Amin di kantor Daker Madinah, Minggu (20/8/2017).

Jemaah diberangkatan ke Mekah dengan menggunakan bus. Mereka akan melakukan transit di Bir Ali untuk miqat.

Mengenai masalah terhubung dengan paspor terjadi sejak pemberangkatan pertama pada Sabtu, 6 Agustus. Selain daripada itu, petugas juga sempat mengalami penundaan keberangkatan ke Mekah gara-gara paspor. Padahal hal-hal terhubung dengan paspor sudah diingatkan dengan baik berulang kali melalui ketua rombongan maupun jemaah secara langsung.

Terdapat 16 jemaah, ucap Amin, yang sebelumnya mempunyai masalah dengan paspornya, diberangkatkan ke Mekah dengan diikutkan bus jemaah Batam dan Solo hari ini. Namun, 2 jemaah dari kloter Solo yang seharusnya berangkat malah mengalami masalah yang sama.

Total jemaah Indonesia yang mendarat di Madinah berjumlah sedikitnya 100 ribu orang. Sesuai dengan jadwal, mereka digeser ke Mekah dalam 2 minggu terkahir. Para jemaah akan ikut dengan jemaah yang mendarat di Jeddah dan berkumpul di Padang Arafah untuk mengikuti puncak haji yang diperkirakan dilaksanakan pada akhir bulan ini.

Related posts