Viral Indihome dan Telkomsel Mengalami Gangguan

Berita Trend Indonesia – Baru-baru warganet digegerkan dengan jaringan Indihome dan Telkomsel yang mengalami gangguan di beberapa daerah Indonesia.

Gangguan jaringan tersebut sudah terjadi sejak hari Minggu 19 September 2021.

Banyak pengguna Indihome dan Telkomsel yang mengeluhkan kejadian tersebut, pasalnya gangguan ini sangat menganggu aktivitas pengguna.

Sampai saat ini banyak masyarakat yang mengeluh karena aktivitas mereka terganggu, seperti mahasiswa, perkantoran, dan pelajar.

Indihome dan Telkomsel juga menjadi trending topic diberbagai sosial media seperti Twiter dan Tiktok.

Pujo Pramono, selaku Vice President Corporate Communication Telkom menyampaikan, penyebab terjadinya gangguan sudah diseliki dan sudah ditemukan, pada Senin 20 September 2021.

Pujo mengatakan, gangguan tersebut terjadi karena kabel bawah laut, sekitar 1,5km lepas pantai Batam di kedalaman 20 meter.

Perbaikan kabel bawah laut

Pujo menyampaikan, tim perbaikan dari Indihome akan berupaya memperbaiki jaringan kabel yang ada di bawah laut.

“Kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” ujar Pujo.

Pujo juga mengatakan, gangguan jaringan sistem komunikasi tersebut terjadi pada laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak.

Gangguan jaringan sistem komunikasi bawah laut tersebut puncaknya pada hari Minggu sore, sekitar pukul 18.00-20.00.

Pada upaya perbaikan kabel jaringan komunikasi bawah laut, pihak Indihome sementara melakukan rerouting traffic atau pengalihan lalu lintas data.

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat melakukan aktivitasnya seperti biasa, walaupun tidak secepat sebelumnya.

 

Mengenal kabel bawah laut

Kabel komunikasi bawah laut yang dipakai Indihome dan Telkomsel adalah kabel yang dibuat dari serat optik.

Serat optik tersebut terbentuk karena serpihan kaca atau plastik, kabel ini bersifat halus dan berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari sehelai rambut.

Kabel serat optik berfungsi untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain, sumber cahaya yang digunakan untuk kabel ini adalah laser/LED.

Metode ini sangat cocok digunakan untuk jaringan komunikasi, pasalnya kabel serat optik mampu mengirim data hingga gigabyte per detik.

Kabel yang ada dibawah laut tersebut dilapisi dengan bahan-bahan yang sangat kuat, pasalnya untuk menahan tekanan air dan gangguan ekosistem laut atau kapal.

Jaringan seperti ini bisa disebut dengan jaringan WAN, yaitu sebuah jaringan yang menghubungkan dari wilayah ke wilayah bahkan dari negara ke negara.

Jaringan WAN juga membentang di wilayah geografis yang sangat luas.

 

Konsumen berhak mendapatkan kompensasi

Adanya gangguan jaringan Indihome yang sangat merugikan masyarakat, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) penyedia layanan jaringan internet yang ada di bawa naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempunyai inisiatif untuk mengganti kerugian pelanggannya.

Agus Suyatno, selaku Pengurus Harian YLKI menyampaikan, pelanggan yang merasa dirugikan akibat gangguan jaringan tersebut berhak mendapatkan kompensasi dari pemilik usaha PT Telkom Indonesia (Persero) tersebut.

“Sesama BUMN, tentu saja YLKI berharap layanan-layanan yang dihandle oleh BUMN memiliki mekanisme ganti rugi yang sama seperti yang dilakukan oleh PLN,” ujar Agus.

Kompensasi yang dimaksud ialah ganti rugi pelanggan saat gangguan tersebut terjadi dan menyebabkan kerugian bagi pelanggannya.

Agus juga mengatakan bahwa banyak masyarakat yang mengalami kerugian secara langsung maupun tidak langsung.

“Kerugian secara langsung, tentu saja konsumen tidak bisa mengakses internet kemudian tidak bisa menggunakan layanan-layanan yang dia berlangganan,” ujarnya.

“Kerugian tidak langsung jumlahnya mungkin akan lebih besar, karena mungkin misalnya ada bisnis-bisnis yang menggunakan saluran internet, misalkan Zoom. Itu kan jadi tidak terkoneksi dengan baik,” lanjutnya.

Disisi lain, Indihome dan Telkomsel sudah berangsur pulih pada hari Minggu dini hari.

Namun sampai saat ini masih ada beberapa daerah yang masih mengalami gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel tersebut.

Related posts