SBY ” Novanto, Air Susu Di Balas Air Tuba “

sby-novanto-air-susu-di-balas-air-tuba

Beritatrendindonesia.com – News Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut tingkah laku mantan Ketua Umum Golkar Setya Novanto seperti peribahasa ” Air susu dibalas dengan air tuba “.

Sebab, menurutnya, kebaikan hati SBY nyatanya dibalas perlakuan yg tidak menyenangkan dari Novanto.

SBY mengatakan, ia sempat meminta kader Demokrat tidak untuk merisak Novanto atas rentetan musibah yang menerpa bekas Ketua DPR itu.

” Saat Pak Setya Novanto di-bully, macem-macem bully-annya dahulu, dari ICU, lalu sehat walafiat, lalu kecelakaan, lalu luka-luka banyak benjolannya, semuanya saya larang : Teman-teman, Saudara-saudara janganlah ikutan melakukan bully. Tidak baik, tidak baik, ” kata SBY di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

” Tapi, kelihatannya air susu dibalas dengan air tuba, ” kata dia sekali lagi.

Dalam sidang pemeriksaan dugaan masalah tindak pidana korupsi pengadaan e-KTP, Novanto menunjukkan buku catatannya. Di dalamnya ada nama anak bungsu SBY, yaitu Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Hal inilah yang membuat SBY merasa Novanto layak di umpamakan air susu dibalas dengan air tuba. SBY juga mendukung Ibas untuk peroleh hak keadilannya.

” Dia juga warga negara. Telah terlalu banyak fitnah yang dialami. Mari kita beri jalan juga untuk seorang Edhie Baskoro Yudhoyono untuk memperoleh keadilannya, ” pungkas SBY.

Mengenai nama Ibas

Setya Novanto selalu membawa buku hitamnya saat persidangan. Pada media, Novanto mengatakan ada catatan terkait project e-KTP dalam buku itu.

Pada persidangan Senin (5/2/2018) tampak di buku itu ada satu kalimat menonjol, yaitu ” Justice Collabolator “, yang ditulis dengan tinta hitam serta dibarengi tiga tanda seru.

Tidak hanya kata Justice Collabolator, ada juga tulisan ” Nazaruddin ” dengan garis ke bawah, USD 500. 000. Kata lainnya yaitu ” Ibas ” serta ” Ketua Fraksi “.

Di tanya selanjutnya soal apakah Ibas yang dimaksud yaitu Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono?

Setya Novanto menjawab, ” No comment. ”

Di tanya masalah apakah pihaknya akan meminta supaya Puan Maharani, yang waktu proyek e-KTP bergulir masih tetap menjabat jadi ketua Fraksi PDI Perjuangan, untuk didatangkan di persidangan, jawaban Setya Novanto sama.

” No comment-lah, ” tuturnya.

Sesudah tersorot media soal catatan tangan di buku hitamnya, Setya Novanto menyembunyikan catatan itu.

Dia bahkan juga tidak lagi menulis di buku catatan itu, tetapi menulis di lembaran kertas.

Eks Ketua DPR ini mengaku dianya trauma karna tulisan tangannya kembali tersingkap di media.

Related posts