Sandiaga Uno Kenalkan Rojali dan Rogana Saat Peresmian Beli Kreatif Sumsel

Berita Trend Indonesia – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno menyambangi tiga daerah di Sumatera Selatan.

Diketahui, kedatangan Sandiaga Uno bermaksud untuk melihat potensi wisata dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang ada di Sumatera Selatan.

Sandiaga Uno menyambangi daerah Sumatera Selatan sejak 13-14 September 2022 lalu.

Pada hari pertamanya, Sandiaga Uno mendatangi wilayah Tanjung Sari yang berada di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

Selanjutnya, Sandiaga Uno melanjutkan perjalanannya ke Desa Tebat Lere yang berada di Kota Pagar Alam Sumatera Selatan.

Pada hari kedua, Sandiaga Uno melanjutkan perjalannya lagi ke Kota Palembang.

Sandiaga Uno memperkenalkan dan mempamerkan Beli Kreatif Sumatera Selatan yang diadakan di aula Griya Agung Palembang.

Sandiaga Uno mempamerkan dua jargon yaitu Rojali dan Rogana.

Dengan adanya kedua jargon tersebut Sandiaga Uno berharap agar bisa mendongkrak penjualan produk-produk dari 200 UMKM yang ada di Sumatera Selatan.

 

Arti Kata Rojali dan Rogana

Resmikan 'Beli Kreatif Sumsel', Sandiaga Uno Perkenalkan Rojali dan Rogana, - Regional Liputan6.com

 

Sandiaga Uno mengatakan, dulu masyarakat mengenalnya dengan sebutan Rohali yaitu yang berarti “rombongan hanya lihat-lihat dan selfi”.

Tetapi, saat ini Sandiaga Uno menggantinya dengan Rojali dan Rogana.

“Dulu identik dengan Rohali, rombongan hanya lihat-lihat dan selfi. Tapi dengan program Beli Kreatif Sumsel, kita memperkenalkan Rojali, yakni rombongan jajan dan beli produk UMKM Sumsel,” ujar Sandiaga Uno.

Selanjutnya, arti kata Rogana yaitu singkatan dari  “Rombongan Gak Pake Nawar”.

Sandiaga Uno juga mengatakan bahwa saat ini transaksi Beli Kreatif Sumsel dilakukan dengan cara Qris.

Menurut Sandiaga Uno dengan adanya transaksi Qris maka dapat meningkatkan daya jual beli produk UMKM di Sumatera Selatan.

Sandiaga Uno menjelaskan, para UMKM telah merasakan tekanan saat adanya pandemi Covid-19, setelah itu terjadilah distribusi rantai pasok yang membuat para pelaku UMKM kesusahan untuk memproduksi barangnya, ditambah lagi dengan adanya inflasi daerah baru-baru ini.

“Gernas Bangga Buatan Bangsa Indonesia ini, menjadi pola inovasi pemasaran yang dihadirkan secara digital. Dan sudah terbukti bisa meningkatkan omset, digitalisasi dan akses meluas, baik dari KUR atau biaya lainnya,” ujar Sandiaga Uno.

 

Memberikan Edukasi

Resmikan 'Beli Kreatif Sumsel', Sandiaga Uno Perkenalkan Rojali dan Rogana, - Regional Liputan6.com

Sandiaga Uno mengatakan bahwa ada sekitar 200 pelaku UMKM yang lolos dalam kurasi, dan mendapatkan pembinaan serta monitoring dari para ahli untuk meningkatkan produksi, pemasaran dan penjualannya.

Sandiaga Uno mengaku bahwa nantinya 200 pelaku UMKM tersebut akan dibina dengan menggunakan digitalisasi.

Selanjutnya, Sandiaga Uno menegaskan bahwa pada bulan November mendatang dirinya akan kembali lagi untuk melihat perkembangan para pelaku UMKM yang telah menjalani pembinaan.

“Kita akan kembali lagi ke sini, akan melihat bagaimana peningkatan penjualan UMKM binaan di Sumsel,” ujar Sandiaga Uno.

 

Meningkatkan Ekonomi Nasinal

Resmikan 'Beli Kreatif Sumsel', Sandiaga Uno Perkenalkan Rojali dan Rogana, - Regional Liputan6.com

Sandiaga Uno berharap bahwa 1,1 juta pelaku UMKM di Indonesia dapat berkembang dan dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah dan nasional.

Bukan hanya itu, Sandiaga Uno juga berharap bahwa pelaku UMKM nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang luas.

Herman Deru, selaku Gubernur Sumatera Selatan mengatakan bahwa Pemerinta Probinsi Sumatera Selatan berbahagia meskipun inflasi masih belum di bawah 5 persen, tetapi program ekonomi kreatif tersebut dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan.

“Banyak sekali yang bisa diaktivasi, tapi keterampilan dan wawasan juga harus ditambah. Terutama permodalan melalui KUR. Kita minta semuanya terserap sampai 100 persen, tanpa ada NPA,” tutupnya.

Related posts