PAN Tuduh Jokowi Tidak Jujur, Ini Komentar Tjahjo

PAN Tuduh Jokowi Tidak Jujur, Ini Komentar Tjahjo

Beritatrendindonesia.comNews, Jakarta – Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo alias Jokowi sudah tidak jujur soal presidential threshold yang terdapat dalam UU Pemilu merupakan produk DPR.

Padahal menurutnya, yang mengusulkan draf UU Pemilu sejak awal yakni pemerintah, termasuk ketentuan ambang batas pencalonan presiden.

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo malah justru mempertanyakan siapa yang sesungguhnya sudah berbohong soal permasalahan ambang batas yang sudah disahkan dalam rapat paripurna DPR.

“Siapa yang tidak jujur dalam memberi wwwplaysobcom pernyataan? Pengambilan keputusan musyawarah atau melalui voting untuk membahas RUU Pemilu oleh pemerintah dan pansus di DPR,”ucap Tjahjo.

Keputusan itu, lanjut Tjahjo, bahkan pemerintah tidak lagi ikut serta di dalamnya, sebab sudah diawali dengan lobi-lobi fraksi dari daftar inventaris masalah (DIM) yang sudah dilakukan oleh setiap fraksi yang ada di DPR.

“Meski ada yang walk out dari paripurna pun tetap sah-sah saja, karena ini merupakan keputusan di paripurna DPR,”tegas Tjahjo.

Sebelumnya, PAN menyesalkan pernyataan Jokowi bahwa syarat ambang batas presiden dalam UU pemilu adalah produk DPR.

Sekretaris fraksi PAN, Yandri Susanto menegaskan, sejak awal pemerintah yang mengusulkan ide draf UU Pemilu dengan ketentuan ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional.

“Itu tidak baik, tidak jujur juga Jokowi itu,”ucap Yandri.

Related posts