Menhub Siap Berikan Sanksi Kepada Maskapai Yang Naikkan Harga Tiket Seenaknya

Berita Trend Indonesia –¬†Seperti yang kita tahu, saat ini kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan, dan bulan depan kita akan merayakan hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

Banyak warganet dan selebritis yang sudah tidak sabar menanti-nantikan lebaran.

Diketahui, idul fitri atau lebaran merupakan hari raya umat Muslim, dan hari raya tersebut identik dengan saling bermaaf-maafan antar umat beragama.

Bukan hanya itu, hari raya idul fitri atau lebaran juga identik dengan mudik atau pulang kampung halaman, dan makanan lontong opor.

Banyak warganet dan selebritis yang melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman saat lebaran.

Biasanya mudik dilakukan seminggu sebelum lebaran, dan banyak transportasi umum maupun pribadi yang memenuhi jalanan sehingga jalan menjadi macet dan padat pada saat arus mudik.

Banyak oknum transportasi umum yang nakal pada saat arus mudik, mereka menaikkan harga tiketnya mulai dari dua kali lipat hingga seterusnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah memantau dan memeriksa transportasi umum khususnya maskapai pesawat untuk tidak menaikkan harga tiketnya dengan sewenang-wenang.

Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa dirinya akan memberikan sanksi kepada maskapai pesawat yang berbuat seenaknya dalam hal harga tiket.

“Ada hal yang penting kami sampaikan kepada operator, tolong tidak menaikkan tarif sewenang-wenang. Kita tahu saudara kita butuh untuk mudik atau berlibur, operator supaya kooperatif jangan menaikkan satu tarif yang berlebihan,” ujar Budi Karya Sumadi.

“Kita ada batas atas, apabila melampaui batas atas maka kami akan tegur dengan sanksi-sanksi yang tegas,” sambungnya.

Budi Karya Sumadi mengaku bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan maskapai pesawat untuk meningkatkan jumlah pesawat yang beroperasi saat mudik lebaran nanti.

“Upaya meningkatkan jumlah kapasitas itu bisa dilakukan dengan, satu, memperbanyak pesawat. Kalau memperbanyak pesawat itu dari awal sudah kita lakukan ramp check, sehingga kapasitas atau jumlah yang bisa terbang itu banyak,” ujar Budi Karya Sumadi.

“Soekarno-Hatta itu harus 24 jam. Kenapa? Supaya rotasi pesawat itu memang bergerak lebih maksimal. Kalau biasanya hanya 6 flight (penerbangan), ini bisa 8 flight sehingga jumlah yang diangkut lebih besar,” sambugnnya.

 

Larang Mudik Menggunakan Motor

Mudik Lebaran Naik Motor? Jangan Bablas, Ini Sejumlah Syaratnya dari Pemerintah - poskota.co.id

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik atau pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Budi Karya Sumadi mengaku bahwa dirinya belajar dari pengalaman sebelumnya bahwa ada banyak laka lantas yang melibatkan pemotor dengan pemotor.

“Harus kita sampaikan kepada saudara-saudara kita yang tercinta bahwa seyogyanya tidak mudik menggunakan motor,” ujar Budi Karya Sumadi.

“Kami berkoordinasi dengan polisi Korlantas bahwa tingkat kecelakan paling tinggi adalag kendaraan motor. Apalagi, yang ditempuh itu dari 3-10 jam. Jadi melelahkan sekali,” sambungnya.

Budi Karya Sumadi mengaku bahwa pihaknya telah memprediksi bahwa nantinya akan terjadi pemadatan jalan di Tol Cipali dan di Pelabuhan Merak.

“Untuk mobil pribadi memang akan terjadi suatu penumpukan di (Tol) Cipali dan di (Pelabuhan) Merak,” ujar Budi Karya Sumadi.

“Saya harapkan kementerian lain dan swasta mengadakan mudik gratis, paling tidak untuk kalangan mereka sendiri,” sambungnya.

Related posts