Menhub Budi Kunjungi 3 Negara di Dunia Untuk Mencari Investor Bidang Transportasi di Indonesia

Berita Trend Indonesia – Seperti yang kita tahu, saat ini pemerintah sedang berupaya untuk mengembangkan transportasi di Indonesia, khususnya transportasi umum yang akan digunakan oleh masyarakat.

Transportasi umum dinilai mempunyai banyak manfaat bagi  masyrakat, salah satu contohnya ialah mengurangi tingkat kemacetan, memberikan fasilitas masyarakat untuk berpergian, mengurangi polusi udara, dan membantu masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan pribadi.

Pemerintah mengklaim bahwa Indonesia mempunyai peluang untuk mengembangkan teknologi transportasi yang modern dan ramah lingkungan.

Sebagai informasi bahwa saat ini pemerintah sedang melakukan lobi dengan beberapa negara di dunia agar dapat berinvestasi atau bekerja sama dalam bidang transportasi di Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya akan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yaitu Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Inggris.

Budi Karya Sumadi mengatakan, kunjungan kerja ke tiga negara tersebut dilakukan karena untuk membidik peluang kerja sama di sektor transportasi Indonesia.

Budi Karya Sumadi mengaku bahwa kunjungan kerja tersebut akan dilakukannya dalam sepekan kedepan, yakni mulai 24 November hingga 3 Desember 2023.

Disisi lain, Budi Karya Sumadi juga berharap dalam kunjungannya tersebut Indonesia mampu terpilih menjadi anggota IMO periode 2024-2025 dan Eksternal Auditor periode 2024-2027.

Diketahui, Budi Karya Sumadi akan memulai perjalanan pertamanya ke Uni Emirat Arab pada tanggal 24-26 November 2023, dan pada kunjungannya tersebut Budi Karya Sumadi akan bertemu dengan sejumlah pihak guna menjajaki peluang kerjasama di sektor transportasi. Diantaranya dengan jajaran Abu Dhabi Port dan Abu Dhabi International Airport.

Selanjutnya, Budi Karya Sumadi akan melanjutkan perjalanan ke Inggris pada tanggal 27-29 November 2023, dan pada kunjungannya tersebut Budi Karya Sumadi akan hadir dalam resepsi diplomatik pencalonan Indonesia menjadi anggota International Maritime Organization (IMO) dan External Auditor. Adapun pemilihannya akan dilakukan pada 1 Desember 2023 dalam Sidang Majelis IMO ke-33.

Terakhir, Budi Karya Sumadi akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi pada tanggal 30 November – 3 Desember 2023, dan pada kunjungannya tersebut Budi Karya Sumadi akan bertemu dengan sejumlah pihak diantaranya yaitu dengan Menteri Transportasi dan Logistik Arab Saudi Mr. Saleh Al-Jasser.

Bukan hanya itu, ternyata, Budi Karya Sumadi juga sudah dijadwalkan untuk bertemu dengan sejumlah pihak dari Port Projects Management and Development Co. Ltd, Prince Mohammed bin Abdul Aziz International Airport Jeddah, dan Saudi Arabia Railways.

 

Bangun Transportasi Canggih di IKN Nusantara

Bangun Hotel Nusantara di IKN, Presiden Jokowi Prioritaskan Investor Lokal - Jawa Pos - Halaman 2

Presiden Joko Widodo mengatakan, IKN Nusantara nantinya akan menjadi daerah yang mempunyai teknologi yang canggih dan ramah lingkungan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebut kereta canggih otonomos di Ibu Kota Nusantara (IKN) mengatakan, pusat pemeritnah IKN Nusantara akan mempunyai roda transportasi yang canggih, salah satunya ialah kereta canggih otonomos.

Adita Irawati saat ini dirinya sudah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait pembangunan transportasi canggih dan ramah lingkungan.

Adita Irawati mengaku bahwa nantinya IKN Nusantara akan mempunyai tram di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Sebagai informasi bahwa trem merupakan kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota. Trem yang berselang waktu 5-10 menit berangkat, bisa merupakan solusi untuk kemacetan. Rangkaian trem umumnya satu set (terdiri atas dua kereta) agar tidak terlalu panjang.

 

Masih Dalam Kajian

RRI.co.id - Presiden Terus Dorong Swasta Terlibat Pembangunan IKN

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, saat ini usulan tentang trem tersebut masih dalam kajian pemerintah.

Adita Irawati menjelaskan, kemungkinan besar usulan trem tersebut akan direalisasikan oleh pemerintah, pasalnya, jika dilihat dari ebutuhan, radius, teknologinya, sepertinya ART dan trem jadi opsi dalam pembangunan sektor transportasi di IKN.

Adita Irawati berharap agar kunjungan kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di tiga negara di dunia mampu membuahkan hasil yang positif, dan nantinya akan banyak investor asing yang melakukan investasi dalam sektor transportasi di Indonesia.

Related posts