Mengetahui KB Dan Kehamilan Yang Tidak Direncanakan

Mengetahui Mengenai KB Dan Kehamilan Yang Tidak Rencananya

Beritatrendindonesia.com – News, Kontrasepsi bukan mengenai urusan pasangan yang telah menikah. Walaupun masih lajang, Anda harus mengetahui manfaat penggunaannya terutama untuk mencegah kehamilan tidak direncanakan.

Setiap tahun, terdapat 41 persen dari 208 juta kehamilan di dunia merupakan kehamilan yang tidak direncanakan. Sementara itu, sebagian dari kehamilan yang tidak direncanakan tersebut berakhir dengan aborsi.

Yang dimaksud dengan kehamilan yang tidak direncanakan adalah hamil saat tidak ingin menambah anak, ataupun kehamilan yang terlalu cepat sebelum mencapai waktu yang telah direncanakan.

Kehamilan tidak direncanakan ini dapat terjadi karena tidak menggunakan kontrasepsi, tidak konsisten menggunakan kontrasepsi, atau penggunaan metode KB yang tidak tepat.

Kehamilan tidak direncanakan terhubung erat dengan masalah kesehatan pada ibu dan bayi karena kondisi ibu mungkin kurang optimal untuk mengandung. Hal tersebut mengakibatkan ibu sering mengalami komplikasi kehamilan dan persalinan, serta bayi yang dilahirkan pun kurang sehat.

Angka kehamilan yang tidak direncanakan di Indonesia cukup tinggi. Berdasarkan data yang diambil dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional tahun 2015, setiap tahunnya terdapat 4 juta kelahiran dan 14 persennya merupakan kehamilan yang tidak direncanakan.

Dalam penggunaan kontrasepsi dapat mencegah 188 juta kelahiran tidak direncakan setiap tahunnya, mengurangi 112 juta aborsi, 1,1 juta kematian bayi, serta 150 ribu kematian ibu.

Related posts