Ahok ” Pidato Saya Tidak Pernah Mikir “

ahok-pidato-saya-tidak-pernah-mikir

Beritatrendindonesia.com – News Terdakwa kasus sangkaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mengungkap alasan dia tidak mengonfirmasi langsung pada seorang ibu yang dikira tidak merespons kedatangan dia di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016.

Ibu itu dinilai Ahok memiliki raut berbeda waktu dia berpidato masalah budidaya ikan. Waktu lihat ibu itu, Ahok mengaku teringat dengan pengalamannya waktu Pilgub Bangka Belitung 2007 serta mengutip surat Al-Maidah ayat 51.

Ahok menyampaikan kalau dia terbiasa bicara spontan sesuai apa yang terlintas dipikirannya.

” Saya tidak ada jeda dalam pidato yang saya sampaikan. Saya pidato tidak pernah pakai eee.. hmm.. mikir. Di moment apa saja, saya langsung dapat pidato, ” kata Ahok waktu diperiksa sebagai terdakwa dalam sidang di PN Jakarta Utara, Selasa (4/4/2017).

Hakim terasa tidak puas dengan jawaban Ahok. Dia kembali ajukan pertanyaan lebih dalam pada Ahok apakah pernah ada yang menyampaikan mengenai surat Al-Maidah ayat 51.

” Dikarenakan anggapan saya, mereka telah mengetahui. Lantaran di TV nyaris setiap Jumat demo anti-saya. Dari 2014, 2015, hingga 2016, Rizieq (Shihab) telah pimpin menolak gubernur non-muslim, ” kata Ahok.

Hakim lalu bertanya argumen Ahok menggunakan kata ” Iya, kan? ” waktu mengutip surat Al-Maidah ayat 51. Hakim berasumsi kalimat itu disampaikan Ahok lantaran menginginkan jawaban positif.

Ahok menjawab kalau dia menginginkan memastikan pada ibu itu serta menginginkan lihat mimik muka si ibu secara jelas.

” Saya saksikan apakah gara-gara ini (Al-Maidah ayat 51) bukan, maka dari itu saya menginginkan yakinkan apakah ini berkaitan gubernur palsu, bukan. Waktu buka pertanyaan, dia juga diam, ” ucap Ahok.

Ahok menjelaskan, Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo pernah mengingatkannya tentang saat pidato yang terlalu lama. Tetapi, Ahok bersikeras untuk tetap memanjangkan waktu supaya si ibu bersuara.

” Namun di serobot terus orang, ” kata Ahok.

” Jadi hingga usai tidak ada konfirmasi? ” tanya hakim.

” Hingga photo dengan saya dia beda. Bila bapak cermati, ibu-ibu yang oke dia rangkul saya, bila ibu-ibu tadi dia foto, jauh sama saya, ” ucap Ahok.

Ahok didakwa melakukan penodaan agama dikarenakan mengutip surat Al-Maidah ayat 51 waktu kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu. JPU mendakwa Ahok dengan dakwaan alternatif antara Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.

Related posts