5 Cara Pemimpin Dalam Membangun Kerja Satu Tim Yang Baik

5 Cara Pemimpin Dalam Membangun Kerja Satu Tim Yang Baik

Beritatrendindonesia.com – News, Dalam sebuah tim pekerja maupun tim organisasi, pastinya mempunyai seorang pemimpin yang dipercaya oleh semua anggotanya. Menjadi seorang pemimpin, tentunya mempunyai cara untuk dapat mengatur dan mengorganisasi setiap anggota. Berikut 5 cara pemimpin untuk membangun kerja yang baik, seperti yang dilansir dari Success.com, Jumat (25/8/2017)

1. Jadilah pemimpin yang rendah hati

Menjadi seorang pemimpin dalam satu tim, harus dapat membuat anggota dapat bekerja baik dengan Anda. Sebagai pemimpin bukan berarti Anda hanya dapat memerintah, namun dapat bekerja sama dengan semua anggota. Berikan mereka kesempatan untuk memberikan Anda saran atau kritik, ataupun apresiasi. Adapun pemimpin yang baik, tidak membuat batasan kepada dirinya dan anggotanya.

2. Peraturan dalam berkomunikasi

Melakukan tugas secara bersama, pastinya anggota membutuhkan komunikasi yang baik dengan Anda. Tidak jarang terjadi kesalahpahaman yang terjadi diantara pemimpin dan anggota tim. Untuk mengatasinya, Anda sebagai pemimpin juga dapat memberikan peraturan dalam berkomunikasi.

3. Puji secara terbuka dan kritik secara pribadi

Seperti yang diketahui, semuanya pasti ingin dirinya dipuji. Tidak ada salahnya untuk memuji beberapa anggota Anda, contohnya resepsionis, sekertasis, ataupun tangan kanan Anda. Pujian yang Anda berikan, dapat membuat mereka lebih bersemangat dalam bekerja, dan memotivasi mereka. Akan tetapi, dalam dunia bekerja tidak selamanya berjalan dengan mulus.

4. Saling menghormati

Hal utama yang harus dilakukan adalah saling menghargai seanggota tim. Dengan begitu, semua hal yang dilakukan akan berjalan dengan lancar. Jika salah satu anggota tim Anda meminta ijin beberapa hari untuk mengunjungi orangtuanya, tidak ada salahnya untuk memahaminya. Sebaliknya, jika Anda sedang sakit ataupun sedang tertekan dengan masalah yang Anda alami, mereka juga akan membantu Anda untuk beberapa tugas yang tertinggal.

5. Memberikan contoh yang positif

Apabila Anda dipilih menjadi pemimpin, mungkin Anda harus mulai mempertimbangkan beberapa perlakuan Anda ke setiap orang. Anda mungkin mulai merubah cara penampilan, cara berkomunikasi, dan cara bekerja. Apa yang dilakukan di kantor, bisa saja menjadi sebuah contoh atau contoh terhadap semua tim Anda. Berusalah untuk menjadi pemimpin yang memberikan contoh baik, sehingga setiap anggota ikut mendukung Anda.

Related posts