Teknologi 5G Dihadirkan, Bagaimana Dengan 4G?

Teknologi 5G Dihadirkan, Bagaimana Dengan 4G

Beritatrendindonesia.com – News, Sekarang ini, beberapa operator sedang gencar memperkenalkan kehadiran dari teknologi seluler baru yang dikenal sebagai 5G. Penerus dari 4G ini dikatakan didatangkan dengan kemampuan yang lebih baik dan menyasar penggunaan untuk kebutuhan layanan kelas berat.

Kemudian, setelah 5G diimplementasikan bagaimana dengan nasib 4G? Menjawab hal tersebut, Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong mengatakan 4G tetap akan ada dan 5G datang untuk melengkapi teknologi tersebut.

“Jadi, 5G merupakan teknologi yang sudah ditingkatkan kemampuan dari sebelumnya, seperti latensi yang lebih rendah dan biaya data yang lebih efisien,” ucapnya di sesi wawancara dalam acara diskusi 5G di Jakarta, Selasa (18/8/2017).

Menurut pendapatnya, dalam beberapa layanan berat, 4G memang sudah dapat digunakan. Namun, teknologi tersebut tidak dapat melakukannya secara optimal. Dikatakan bahwa masalah itu dapat diatasi dengan datangnya 5G.

Tidak hanya kebutuhan layanan kelas berat ataupun industri, 5G juga dikatakan dapat memberikan pengalaman lebih baik dalam konsumen biasa. Sebagai informasi, 5G memang sering diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan industri atau sistem otomasi lain karena manawarkan latensi yang rendah.

“Pada dasarnya, 5G dapat memenuhi juga kebutuhan konsumen biasa dikarenakan memberikan pengalaman sebaik fiber.” ucapnya menjelaskan.

Hal senada juga disampai oleh Shannedy, Director Government Affairs Qualcomm Nies Purwanti mangatakan 5G diyakini dapat mendukung kebutuhan konsumen biasa.

Namun hal tersebut tergantung dari perkembangan teknologi ke depannya. Ia mengatakan, adopsi 5G di beberapa bidang masih tergantung permintaan pasar dan hal tersebut itu yang akan menentukan pengembangan teknologi ini kedepannya.

“Tapi memang belum tahu melihat permintaan pasar nantinya, karena biasanya tergantung permintaan pasar. Semakin tinggi permintaan di satu bidang, tentu adopsi dari bidang tersebut akan lebih cepat dan banyak,” ucapnya.

Related posts