Pria Kembalikan Borgol Setelah 60 Tahun, Suratnya Bikin Polisi Tersenyum

Pria Kembalikan Borgol Setelah 60 Tahun, Suratnya Bikin Polisi Tersenyum

Berita Trend Indonesia — Seorang lansia mengembalikan borgol yang ia ambil 60 tahun lalu ketika polisi tak sengaja menjatuhkannya ketika meringkus remaja di sebuah restoran di Los Angeles.

Menyadur dari laman LA Times, pada Sabtu (06/02), lansia 74 tahun ini mengirimkan borgolnya kembali bersama sepucuk surat permohonan maaf dan uang donasi yang setara Rp 1,4 juta.

Dari suratnya, diketahui ia mendapatkan borgol itu ketika masih remaja di tahun 1960. Saat itu polisi sedang berusaha melumpuhkan anak muda yang nakal dan tak sengaja menjatuhkan borgolnya.

Lansia yang kala itu berusia 14 tahun mengambil borgol dan membawanya pulang. Ia mengakui ada rasa bersalah tiap kali melihat borgol itu, tapi ia tak melakukan apapun.


Suatu hari, cucunya datang berkunjung dan menunjukkan borgol mainan padanya. Untuk membuat dua cucu laki-lakinya terkesima, ia mengambil borgol asli yang dicuri 60 tahun lalu.

“Mereka terkejut dan bertanya mengapa saya mencuri borgol dari seorang polisi,” bunyi surat itu. “Saya, tentu saja, tidak punya penjelasan yang baik.”

Cucunya membawa kakek mereka pada orangtuanya dan berakhir dengan permintaan maaf sang kakek. Tak sampai di situ, ia lantas berpikir untuk mengembalikan borgol ini ke kantor polisi.

Lansia yang tak ingin identitasnya terungkap ini ingin memberi contoh yang baik pada cucunya. Ia tak ingin perbuatannya ditiru oleh generasi penerusnya.

“Dan saya mengatakan kepada mereka bahwa itu adalah hal yang salah dan saya tidak bangga karenanya,” jelasnya di surat yang terlampir.

Sebagai tebusan rasa bersalah sang kakek mendonasikan uang USD 100 yang setara Rp 1,4 juta untuk kepolisian Los Angeles.

“Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal yang benar,” kata Mike Lopez, juru bicara LAPD.

“Dia menanamkan nilai-nilai itu pada cucunya.”

Related posts