Presiden Joko Widodo Berkunjung Ke China Untuk Bahas Kerja Sama Mobil Listrik

Berita Trend Indonesia – Seperti yang kita tahu, saat ini pemerintah sedang melakukan upaya untuk menerapkan transisi energi bahan bakar minyak menjadi bahan bakar listrik.

Sebagai informasi bahwa transisi energi merupakan proses merubah penggunaan sumber energi berbasis minyak atau fosil yang tidak ramah lingkungan menjadi penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan seperti panel surya, listrik, air, panas bumi, dan angin.

Diketahui, transisi energi harus dilakukan karena untuk membantu mengatasi krisis perubahan iklim di bumi, dan untuk menjaga lingkungan tetap bersih serta terbebas dari pencemaran udara.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia sedang berupaya untuk mewujudkan transisi energi berbahan bakar minyak ke listrik.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan transisi energi yaitu dengan cara membuat motor dan mobil listrik.

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dan kunjungan di Tiongkok, China, pada Jumat, 28 Juli 2023.

Diketahui dalam kunjungannya tersebut, Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, dan juga sejumlah Chief Executive Officer (CEO) perusahaan di Tiongkok.

Presiden Joko Widodo mengatakan, tujuan pertemuannya dengan sejumlah CEO perusahaan di China yaitu untuk membahas mobil listrik.

Diketahui, sejumlah CEO yang bertemu dengan Presiden Joko Widodo tersebut, merupakan CEO yang telah melakukan investasi di Indonesia, dan akan melakukan investasi lagi dalam sektor hilirisasi, industri, petrokimia, energi terbarukan, dan kesehatan.

Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini sudah ada perusahaan mobil listrik China yang telah berinvestasi di Indonesia, salah satunya adalah Wuling Motors.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo mengaku bahwa pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping membahas soal Laut China Selatan.

 

Jalin Kerja Sama Baik

Jokowi Temui Xi Jinping di China, Hasilkan 8 Kesepakatan - Bisnis Liputan6.com

Setelah melakukan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping, dan CEO perusahaan di China, akhirnya Presiden Joko Widodo beranjak ke pertemuan bisnis bersama Kamar Dagang Indonesia di Tiongkok (INACHAM) dan sejumlah pengusaha Tiongkok di Shangri-La Hotel, Chengdu, China.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa negara Indonesia akan selalu menjaga hubungan kerja sama yang baik dengan negara China.

Presiden Joko Widodo berharap agar para pengusaha China mau melakukan investasi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo juga menegaskan bahwa jika ada kendala di lapangan mengenai izin atau apa, tolong kendala tersebut disampaikan kepada Presiden Joko Widodo, pasalnya jika ada kendala maka Presiden Joko Widodo akan turun tangan langsung.

 

Prioritas Investasi

Bertemu Pengusaha China, Jokowi Tekankan Komitmen Indonesia Jaga Investasi | Republika Online Mobile

Bukan hanya menjelaskan soal hubungan kerja sama yang baik saja, tetapi, Presiden Joko Widodo juga turut menjelaskan mengenai sejumlah prioritas investasi yang sedang di kerjakan di Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini Indonesia sedang berfokus untuk mengerjakan prioritas investasi, prioritas invesatsi tersebut mulai dari ekosistem motor dan mobil listrik, energi baru terbarukan, dan pembangunan ibu kota negara baru yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Joko Widodo mengaku bahwa pertemuannya di China merupakan sebuah kesempatan yang sangat baik untuk kedua negara yang saling bekerja sama dalam membangun energi hijau yang ramah lingkunan, dan juga melakukan penjualan produk yang premium.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo turut mengajak beberapa pengusaha yang ada di China untuk mulai melakukan investasi di Indonesia.

Related posts