Chip Exynos Buatan Samsung Bakal Dipakai Oppo, Vivo, dan Xiaomi?

Chip Exynos Buatan Samsung Bakal Dipakai Oppo, Vivo, dan Xiaomi?

Berita Trend Indonesia — Samsung Electronics dikabarkan akan memasok chip buatan mereka sendiri, Exynos untuk sejumlah vendor ponsel lain, seperti Xiaomi dan Oppo.

Menurut laporan dari situs BusinessKorea, Samsung berencana akan memasok chip Exynos buatannya untuk kedua vendor tersebut mulai paruh pertama tahun 2021.

Situs tersebut juga mengatakan bahwa, tujuan Xiaomi dan Oppo mengadopsi chipset Exynos tak lain adalah untuk memperluas varian smartphone yang mereka buat, sejalan dengan pengembangan produksi .

Nantinya, chipset Exynos akan dipasang di sejumlah seri smartphone di kelas masing-masing (flagship, mid, dan low-end) dari Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Vivo sebenarnya sudah lebih dulu menggunakan chipset Samsung Exynos 980 dan Exynos 880 di beberapa seri ponselnya, seperti Vivo Y70s.

Samsung sendiri diketahui tengah bersiap untuk merilis varian chipset terbarunya, Exynos 1080 pada 12 November. Entah kebetulan atau tidak, peluncuran chip terbaru Samsung ini akan diadakan di China.

Chipset Exynos 1080 sendiri disebut sudah mendukung CPU Cortex-A78 terbaru, dan GPU Mali-G78, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Rabu (4/11/2020).

Kerja sama Samsung dengan beberapa vendor ponsel China ini diharapkan mampu meningkatkan persaingan dengan pabrikan chip lainnya, seperti Qualcomm atau MediaTek.

Membuat chip sendiri untuk ponsel sebenarnya bukan hal baru, beberapa vendor ponsel sudah melakukan hal ini, seperti Apple dengan chip A Series, dan Huawei dengan Kirin-nya.

Samsung, Huawei, dan Apple memiliki pabrik chipset sendiri, sedangkan vendor ponsel lain masih bergantung pada pabrikan lain sebagai pemasok chipset, seperti pabrikan TSMC yang memproduksi chip Qualcomm.

Related posts