Berikut Alasan Pansus Angket Sangat Ingin Datangkan KPK

Berikut Alasan Pansus Angket Sangat Ingin Datangkan KPK

Beritatrendindonesia.com – News, Anggota Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Masinton Pasaribu mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus berusaha untuk mendatangkan KPK untuk mengklarifikasi berbagai macam temuan yang dikatakan Pansus Angket sebagai penyimpangan.

Masinton mengungkapkan, KPK tidak cukup menyampaikan klarifikasinya dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR. Dikarenakan, menurut Masinton, peruntukannya berbeda.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa. Ia mengatakan tidak dapat mendalami temuan dugaan penyimpangan KPK oleh Pansus dalam Rapat Kerja di Komisi III.

Menurut Agun, hal tersebut disebabkan tujuan utama rapat kerja Komisi III bukan mendalami temuan pansus, melainkan untuk pengawasan kinerja KPK.

Ia memberikan contoh seperti, saat dirinya sebagai anggota pansus yang datang dalam Rapat Kerja Komisi III mempermasalahkan barang sitaan yang dikelola oleh KPK. Agun mengatakan, dirinya tidak mungkin dapat mendalami temuan tersebut karena bukan pada tempatnya.

Sebaliknya, ia baru dapat mendalami hal itu jika terjadi dalam RDP Pansus Angket KPK.

Sebelumnya, KPK tidak datang dalam undangan Pansus Angket karena perlu mempertimbangkan beberapa aturan seperti UUD 1945, UU MD3, Tata Tertib DPR yang saat ini sedang digugat di Mahkamah Konstitusi.

Rencananya, Pansus Angket akan membuat jadwal pemanggilan terhadap KPK, sebelum masa kerja Pansus berakhir pada 28 September 2017 mendatang.

Related posts