Bayi ASI Akan Lebih Mudah Makan Sayur

Bayi ASI Akan Lebih Mudah Makan Sayur

Beritatrendindonesia.com – News, Mengajarkan kepada anak untuk menyukai sayur-sayur dan buah bukan perkara yang mudah untuk sebagian orang tua. Akan tetapi, hal tersebut dapat dilakukan sejak bayi masih di kandungan dan mendapatkan ASI eksklusif.

Jika ibu rajin mengonsumsi sayuran selama hamil dan menyusui, maka bayi akan jadi terbiasa mengecap rasa sayuran melalui ASI.

Peneliti menyebutkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI cenderung akan lebih menyukai sayur dan buah dikemudian hari.

Saat bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI pada usia 6 bulan, rasa sayuran mungkin terlalu kuat terhadap mereka. Namun, jika bayi mendapatkan ASI, rasa sayuran tidak akan terlalu mengejutkan terhadap lidah mereka.

Menurut penulis sebuah studi dan seoarang biopsikologi, Julie Mennella, ASI merupakan cara paling baik untuk memperkenalkan kepada bayi mengenai sayuran dan buah sedini mungkin. Jika ibu memang penyuka sayuran, maka bayi juga akan mengenal rasanya melalui ciran ketuban dan kemudian ASI.

Dalam sebuah penelitian terhadap 97 ibu hamil, para periset meminta mereka untuk meminum jus seledri atau jus wortel, kemudian mereka melacak kebiasaan makan anak-anak mereka saat mulai mendapatkan makanan yang padat.

Dalam penelitian tersebut, para wanita dibagi menjadi lima kelompok, tiga kelompok diminta untuk teratur memberikan setengah cangkir jus sebulan sebelum menyusui, sedangkan untuk kelompok kelompok kedua yang meminum jus sayuran saat bayi mereka berusia 2 minggu, dan satu lagi kelompok ketiga yang minum jus sayuran saat bayi mereka telah berusia 6 hingga 10 minggu.

Sementara itu, kelompok keempat, sang ibu yang minum jus selama tiga bulan, dimulai saat bayi mereka berusia dua minggu. Kelompok kelima merupakan yang sama sekali tidak minum jus.

Saat anak mereka mulai makan makanan padat pada usia delapan bulan, mereka diberikan sereal tanpa rasa, sereal rasa wortel atau sereal rasa brokoli.

Bayi yang ibunya mulai minum jus lebih awal, anaknya justru lebih banyak mengkonsumsi sereal rasa wortel dan lebih cepat juga beradaptasi dengan rasa sayuran.

Related posts