Aplikasi Android Bakal Bisa Dipakai di Windows 10?

Aplikasi Android Bakal Bisa Dipakai di Windows 10?

Berita Trend Indonesia — Selama ini, aplikasi Android bisa dijalankan di Windows 10 jika menggunakan software tambahan berupa emulator. Namun, mulai tahun depan, pengguna Windows 10 tampaknya tak perlu menggunakan emulator lagi untuk mengoperasikan aplikasi Android langsung dari komputer.

Menurut laporan Windows Central, perusahaan tengah mempertimbangkan untuk membawa aplikasi Android ke Windows melalui toko aplikasi Microsoft Store.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot memasang perangkat lunak (software) tambahan seperti Bluestack atau bantuan emulator besutan Microsoft, Your Phone.

Rencana ini konon merupakan bagian dari proyeksi Microsoft untuk tahun depan. Di bawah Chief Product Officer Microsoft yang baru yakni Panos Panay, Microsoft berencana untuk melakukan pembaruan Windows 10 secara besar-besaran pada 2021 mendatang.

Kendati demikian tidak dijelaskan secara rinci bagaimana nantinya aplikasi Android bisa berjalan di Windows 10. Perombakan ini disebut-sebut akan berlangsung sekitar musim gugur 2021 atau akhir tahun.

Jika benar direalisasikan, hal ini tentu masih menjadi sebuah pertanyaan besar soal dukungan Google Play Store. Sebab, sejumlah aplikasi seperti salah satunya Gmail memerlukan dukungan layanan Google Play Store.

Tanpa akses ke Google Play, maka Microsoft kemungkinan harus membuat toko aplikasi sendiri seperti yang dilakukan oleh Samsung dan Huawei.

Sebagaimana dihimpun dari Windows Central, Senin (30/11/2020), selain kemampuan menjalankan aplikasi Android, kabarnya, Microsoft juga akan memperkenalkan serangkaian fitur baru lainnya termasuk memperbarui tampilan UI dari sistem operasi.

Selain memasukkan aplikasi Android, Microsoft juga berencana akan memasang emulasi aplikasi Windows 10 versi x86 64-bit untuk Windows 10 di perangkat ARM.

Dengan begitu, aplikasi Windows yang sudah ada di desktop saat ini bisa digunakan juga di perangkat ARM seperti Surface Pro X.

Related posts