Seberapa Bahaya Jika Ahok Menempati Rutan Cipinang

seberapa-bahaya-jika-ahok-menempati-rutan-cipinang

Beritatrendindonesia.com – News Karna alasan keamanan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mesti dititipkan pihak Lapas Cipinang untuk menjalani hukuman di Rutan Mako Brimob Depok. Ancaman keamanan disebut tidak main-main. Keselamatan Ahok taruhannya apabila dipaksa tetap di Lapas Cipinang.

” (Ancaman) begitu nyata ada, saya tidak perlu sebut. Disana ada juga pilkada di situ. Pilkada di situ (komposisi pendukung calon) juga half and half. Jadi dapat bayangkan juga itu kan? ” kata Menkum HAM Yasonna Laoly pada wartawan di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2017).

Perkara penodaan agama yang buat Ahok dihukum 2 th. penjara menurut Laoly juga jadi sorotan banyak orang. Masalah itu di kuatirkan dapat menyebabkan reaksi napi di Lapas Cipinang seandainya Ahok menjalani hukuman ditempat yang sama.

” Ahok ini kan sangat kontroversial, dikarenakan dia juta-an orang memprotes dan sebagainya. Janganlah di-under estimate permasalahannya. Mulai sejak awal ini adalah masalah yang begitu besar, banyak orang yg tidak senang. (Pemindahan) tidak ada yang istimewa, ” sebut Laoly.

Pihak Kakanwil dalam analisisnya menurut Laoly juga memperhitungkan keributan pada napi di Lapas Cipinang. Ini berkaitan dengan pilihan politik di Pilkada DKI kemarin.

” Menyebabkan bila nanti ada datang satu napi pembelanya dia, ada yang disana. Itu dapat berlangsung tidak baik, (sebab itu) kita jagalah, ” sambungnya.

Eksekusi Ahok dengan administrasi dikerjakan kira-kira pukul 16. 00 WIB, Rabu (21/6) di Rutan Mako Brimob. Pihak Lapas Cipinang menyurati Mako Brimob untuk menempatkan Ahok sementara waktu dalam melakukan masa hukuman.

Eksekusi dikerjakan sesudah salinan putusan dari Pengadilan Tinggi DKI Jakarta di terima Kejari Jakut pada 19 Juni. PT DKI mengabulkan pencabutan banding oleh jaksa perkara Ahok.

” Jadi untuk melindungi dari hal yg tidak dikehendaki, kita tempatkan di Mako Brimob, ” tutur Laoly.

Related posts