Terhubung Dengan Uji Coba Rudal Korut : China Dan Rusia Harus Ambil Segera Bertindak

Terhubung Dengan Uji Coba Rudal Korut, China Dan Rusia Harus Ambil Segera Bertindak

Beritatrendindonesia.com – News, Amerika Serikat, Kamis (14/9/2017) waktu setempat atau Jumat (16/9/2017) WIB, mendesak China dan Rusia untuk segera mengambil suatu tindakan tegas atas Korea Utara.

Menurut Washington, “Tindakan Langsung” oleh China dan Rusia harus dilakukan kepada Korut yang telah kembali melakukan tembak rudal balistiknya ke Pasifik dan melewati udara Jepang, Jumat Pagi.

“China sebagai pemasok besar minyaknya ke Korut. Rusia yang merupakan perusahaan pekerja paksa terbesar di Korut,” ucap Sekretaris Negara, Rex Tillerson, dalam pernyataan di Washington DC, seperti yang dilaporkan kantor berita AFP.

“China dan Rusia harus menunjukkan intoleransi mereka terhadap peluncuran rudal yang sembarangan itu dengan melakukan tindakan-tindakan langsung oleh mereka sendiri.”

Korea Utara kembali lagi menembakkan rudal ke arah timur yang melewati udara Hokkaido, Jepang utara dan jaruh di Samudera Pasifik, Jumat (15/9/2017) pagi.

Penembakkan rudal yang masih belum diketahui jenisnya itu jelas merupakan sebuah provokasi terbaru di tengah ketegangan tinggi mengenai program senjata yang dilarang itu.

Peluncuran rudal terbaru Korut dilakukan dari dekat Pyongyang dan terjadi setelah Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa memutuskan untuk memberikan sanksi keras kepada Korut atas program rudal balistik dan program senjata nuklirnya.

Sanksi DK PBB itu sebagai balasan mengenai uji coba nuklir keenam dari pada awal September ini, yang menurut Pyongyang merupakan bom hidrogen yang dapat dipasangkan ke rudal.

Tillerson mengatakan tindak penghukuman baru itu “landasan, bukan awang-awang, dari tindakan yang harus dilakukan. Kami menyerukan kepada semua negara untuk mengambil tindakan baru melawan rezim Kim” demikian yang disampaikan Tillerson.

Presiden AS Donald Trump masih belum memberikan komentar mengenai peluncuran tersebut, akan tetapi Gedung Putih sudah diberikan masukan terhubung dengan perkembangan terbaru di Semenanjung Korea.

Related posts