Suasana Hati Baik Dan Buruk Seseorang Dapat Menular?

Suasana Hati Baik Dan Buruk Seseorang Dapat Menular

Beritatrendindonesia.com – News, Saat salah satu rekan kerja sedang terkena batuk pilek, Anda mungkin sudah dapat menebak bahwa virus sudah mulai menyebar ke lingkaran sosial, dan kemungkinan Anda atau rekan yang lain memiliki kemungkinan untuk tertular. Ternyata, hal serupa dapat terjadi jika menyangkut suasana hati.

Dengan bantuan sejumlah pemodelan matematika, tim peneliti mengambil data dari Studi National Longitudinal Study of Adolescent to Adult Health dan menemukan bahwa suasana hati yang baik maupun buruk mempunyai kecenderungan untuk menyebar ke seluruh lingkaran sosial.

“Kami melakukan penyelidikan apakah ada bukti bahwa komponen suasana hati individual seperti nafsu makan, kelelahan, dan tidur dapat menyebar melalui jaringan pertemanan,” ucap Rob Eyre, pemimpin penelitian dan periset statistik kesehatan masyarakat.

Dari penelitian yang dilakukan menemukan, jika Anda terus-menerus dikelilingi dengan orang-orang yang ceria, maka Anda mempunyai kemungkinan lebih besar untuk merasakan hal yang sama. Namun jika teman Anda adalah sekelompok pemilik suasana hati buruk, Anda juga mungkin akan “bergabung” dengan mereka.

Meskipun depresi tidak sepenuhnya terbukti dapat menular, namun temuan ini dinilai berguna dalam pengobatan maupun pencegahan depresi, ucap rekan penulis studi profesor Frances Griffiths dari Warwick Medical School.

“Memahami bahwa komponen suasana hati dapat menular secara sosial, maka diharapkan dapat menjadi target utama intervensi sosial dalam mengurangi risiko depresi, dan target sekunder dalam mengurangi suasana hati negatif,” ucap Griffiths.

Related posts