Serangan Teror Di Australia Tidak Dapat Terelakkan Lagi, Dapat Terjadi Kapan Saja

Serangan Teror Di Australia Tidak Dapat Terelakkan Lagi, Dapat Terjadi Kapan Saja

Beritatrendindonesia.com – News, Pejabat tinggi kepolisian Australia mengingatkan bahwa serangan teror besar di negeri itu tidak terelakkan. Dikatakannya, serangan dapat terjadi kapan saja.

Otoritas Australia mengungkapkan telah berhasil mencegah 13 serangan teror di negeri itu dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk dugaan plot serangan pada Juli lalu untuk menjatuhkan sebuah pesawat dengan memakai gas beracun atau bom rakitan, yang disamarkan sebagai alat pencincang daging.

Otoritas Canberra juga merilis panduan strategi nasional pada bulan lalu, untuk membantu para pengelola tempat dalam mencegah serangan teror yang dilakukan di tempat-tempat publik yang ramai, menyusul serangan-serangan teror di Eropa.

“Saya tidak senang mengungkapkan ini, akan tetapi akan terjadi. Tidak dapat terelakkan,” ucap Wakil Kepala Kepolisian New South Wales, Mark Murdoch, Rabu (20/9/2017).

Murdoch mengungkapkan, risiko utama merupakan para pelaku teror yang tidak masuk dalam radar otoritas, seperti dua pria Sydney yang belum lama ini didakwa atas dugaan plot menjatuhkan sebuah penerbangan internasional.

Canberra yang semakin khawatir akan ekstremisme dalam negeri, sudah meningkatkan level siaga teror nasional pada Septembet 2014. Levelnya berada pada urutan tertinggi ketiga dari lima level. “Itu artinya, intelijen kredibel yang dinilai oleh badan-badan keamanan kita, menunjukkan bahwa orang-orang atau kelompok-kelompok terus mempunyai niat dan kemampuan untuk melakukan serangan teroris di Australia,” ucap Murdoch.

Related posts