Saksi mengatakan bahwa pemberian Uang Rp 5 Miliar Digunakan Untuk Membebaskan Ayah Rita Widyasari Dari KPK

Saksi mengatakan bahwa pemberian Uang Rp 5 Miliar Digunakan Untuk Membebaskan Ayah Rita Widyasari Dari KPK

Beritatrendindonesia.com – News , General Manager Hotel Golden Season Hanny Kristianto Hanny Kristianto yang menjadi saksi pada sidang dalam kasus suap diantara Direktur Utama PT Sawit Golden Prima Hery Susanto Gun dengan Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari.

Jalan persidangan, Hanny sendiri mengaku bahwa ada pemberian uang dengan nilai miliaran rupiah pada Rita mengenai izin lokasi perkebunan kelapa sawit pada PT Sawit Golden Prima. Tidak hanya itu, Hanny juga mengatakan langsung ada pemberian senilai 5 miliar kepada Rita.

Uang tersebut diberikan pada 5 Agustus 2010, dikatakan pula uang tersebut untuk menyuap Kpk ( Komisi Pemberantasan Korupsi ).

Hanny mengatakan dirinya sempat disuruh untuk mencatat mengenai pemberian uang tersebut. Uang yang dikirim dari rekening Abun ke rekening Rita.

Uang sebanyak itu dikatakan untuk membebaskan ayah Rita Widyasari. Syaukani Hassan yang merupakan ayah Rita sebelumnya pernah menjadi Bupati Kukar dan sempat ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi dalam pembebasan lahan Bandara Loa Kulu pada Desember 2006.

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memberikan hukuman selama 2,5 tahun penjara. Saat mencoba untuk mengajukan kasasi, Syaukani justru mendapatkan tambahkan hukuman 3 tahun penjara dari MA ( Mahkamah Agung ) sehingga menjadi 6 tahun penjara.

Namun belakangan ini, permohonan grasi yang diajukan oleh Syaukani di kabulkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Related posts