Sakit Gigi Dapat Mempengaruhi Prestasi Anak Disekolah

Sakit Gigi Dapat Mempengaruhi Prestasi Anak Disekolah

Beritatrendindonesia.com – News, Sakit pada bagian gigi tentunya tidak boleh dianggap remeh. Pada anak-anak, rasa sakit tersebut dapat berdampak buruk pada prestasi anak di sekolah.

Berdasarkan riset yang dilakukan Pepsodent bersama dengan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia, terdapat beberapa faktor yang berhubungan dengan menurunnya prestasi anak di sekolah karena sakit gigi.

“Anak-anak yang memiliki gigi berlubang lebih sering tidak masuk karena sakit gigi ketimbang dengan anak-anak yang sehat.” kata drg. Ratu Mirah Afifah, GCClindent MDSc, division Head for Health & Wellbeing and Professional Institution Yayasan Unilever Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2017).

Sementara itu, kata Mirah, rasa sakit tersebut memengaruhi prestasi belajar mereka. Anak-anak yang mempunyai masalah gigi berlubang juga dikatakan merasa tidak percaya diri. Saat mereka tidak paham pada suatu pelajaran, kebanyakan tidak ingin bertanya.

Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) Dr. drg. Nina Djustiana mengaku persoalan sakit gigi dapat mempengaruhi prestasi pada anak. Menurut dia, secara logika juga dapat dimengerti, saat gigi sakit maka dapat berdampak pada berbagai hal, salah satunya merupakan kesusahan saat mengunyah.

Selain daripada itu, proses belajar anak juga akan terganggu. Anak yang harusnya dapat berfikir mengenai pelajaran, malah terganggu dan teralihkan karena rasa sakit. Oleh sebab itu, dia menyarankan sebaiknya agar mengajarkan anak rutin merawat dan menjaga gigi, untuk menghindari dan mencegah terjadinya permasalahan gigi berlubang yang dapat berdampak pada prestasi di sekolah ataupun kegiatan lainnya.

Related posts