Pesona Air Terjun Cimahi Di Bandung

pesona-air-terjun-cimahi-di-bandung

Beritatrendindonesia.com – News Cimahi merupakan salah satu kota tetangga Bandung. Tetapi jangan sampai salah, ada air terjun indah dengan nama sama di Bandung Barat.

Berkunjung ke air terjun atau Curug Cimahi mempunyai sensasi sendiri untuk saya. Wisatawan mesti melalui 18 kelokan serta menuruni 587 titian anak tangga.

Meski begitu, suara terjunan air yang hingga ke dasar selalu membius untuk memburunya. Tidak jauh dari pintu masuk, dek pertama dengan bangku terbuat dari ban karet menyambut.

Disini, kita dapat nikmati panorama di area Curug Cimahi yang ada pada ketinggian kurang lebih 1. 000 mdpl secara leluasa.

Nikmati sang sumber suara dibawah sana serta pemandangan asri rimba di sekitarnya. Membaur disini membuat kita lupa bila lokasi Curug Cimahi sesungguhnya di pinggir jalan raya, Kolonel Masturi Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

Bising kendaraan telah tergantikan oleh sahut-sahutan monyet, tongeret, serta hewan rimba yang lain. Juga gesekan dedaunan oleh angin tidak mau kalah.

Perjalanan menuju air terjun belum ada separuh, masih tetap ada satu dek sekali lagi bila pengen rehat. Bila tidak, dibawah ada lagi pendopo sekedar untuk mengirup napas dalam-dalam murninya udara di lokasi lembah ini.

pesona-air-terjun-cimahi-di-bandung

Air terjun dengan tinggi 87 mtr. ini rasanya selalu melambai-lambai supaya kita selekasnya menjamahnya. Selekasnya bercebur begitu mengasyikkan serta lelah terbayar tuntas.

Curug Cimahi juga dikenal dengan air terjun pelangi atau rainbow waterfall. Perum Perhutani Bandung Utara jadi pengelola melakukan inovasi dengan memberi lampu-lampu di sekitar air terjun.

Menurut masyarakat yang yang memiliki warung lokal di sekitaran pintu masuk, ada pelangi alami hasil pembiasan sinar matahari di curug, tapi tidak sering didapati.

Uniknya juga, nama air terjun di ambil dari nama sungai yang berhulu di kaki Gunung Burangrang ini. Lokasinya sendiri jauh dari Kota Cimahi.

Saat di tanya apakah pernah terjadi banjir bandang, ia menggeleng tapi yang perlu diwaspadai yaitu longsor. Lokasi Curug Cimahi ada dalam cekungan diapit tebing-tebing yang riskan longsor.

Ada papan peringatan disini. Begitu halnya spanduk himbauan-himbauan supaya bila berlangsung hujan deras, pelancong mesti selekasnya kembali naik. Untuk keamanan sendiri.

pesona-air-terjun-cimahi-di-bandung

Akses jalan menuju Curug Cimahi berbentuk jalan raya beraspal baik dari Ngamprah, Lembang, Kota Bandung, serta Cimahi. Mengingat tempatnya yang persis di tepi jalan raya serta bersebelahan dengan Terminal Cisarua.

Bila pingin lihat air terjun pelangi, datang waktu cuaca cerah mulai jam 17. 00 WIB serta juga akan tutup sekitaran jam 21. 00 WIB. Curug sendiri buka mulai jam 07. 00 WIB.

Ticket masuknya Rp 15 ribu/pengunjung. Yang perlu disiapkan ke sini yaitu fisik serta stamina. Selamat liburan!

Related posts