Novanto : Tuntutan Kepada Saya Tidak Adil!

Beritatrendindonesia.com – Setya Novanto yang menjadi Terdakwa dalam kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk menilai bahwa tuntutan yang diberikan kepada dirinya selama 16 tahun penjara tidak adil.

Novanto minilai bahwa tuntutan yang diberikan kepadanya seharusnya sama dengan terdakwa pada kasus lainnya, yaitu mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng.

Novanto mengatakannya saat membacakan nota pembelaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat ( 13/04/2018).

Dalam surat tuntutan, jaksa memberikan tuntutan kepada Novanto untuk membayar uang pengganti senilai 7,4 juta dollar AS. Menurut jaksa, Novanto adalah pemilik uang asli tersebut.

Meski dikatakan Novanto tidak menerima fisik uang tersebut, namun Novanto pemilik asli uang tersebut.

Dalam surat tuntutan, jaksa memakai yurisprudensi beberapa putusan pengadilan sebelumnya. Putusan yang diberikan terhadap Andi Mallarangeng dalam kasus korupsi terhubung dengan proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, Sekolah Olahraga Nasional Hambalang.

Jaksa menilai, tuntutan kepada Andi Mallarangeng tidak menerima uang secara langsung, atau melalui adiknya, dia bisa dimintai pertanggungjawaban pidana. Pada 2014 lalu, Andi Mallangeng dituntut 10 tahun penjara.

Novanto kemudian membandingan hukuman yang diberikan kepadanya dengan hukuman Andi Mallangeng.

“Jika jaksa menilai berkesimpulan bahwa tidak menjadi soal apakah secara fisik tersebut diterima oleh saya atau tidak, maka seharusnya tuntutan kepada saya tidak jauh berbeda,” ucap Novanto.

Related posts