Mengenai Pernyataan Direktur Penyidikan, Bagaimana Tanggapan Ketua KPK?

Mengenai Pernyataan Direktur Penyidikan, Bagaimana Tanggapan Ketua KPK

Beritatrendindonesia.com – News, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo tidak membantah maupun membenarkan adanya friksi di tubuh KPK, seperti yang disampaikan Direktur Penyidikan Brigjen Aris Budiman. Aris mengungkapkan hal tersebut saat rapat dengar pendapat dengan Panitia Khusus Hak Angket KPK di DPR RI.

“Dimana tempat Anda bekerja yang tidak ada friksi? Di mana pun pasti Anda akan menjumpai hal ini. Friksi itu wajar saja,” ucap Agus, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (30/8/2017). Akan tetapi, Agus membantah mengenai adanya kelompok kecil yang dapat memengaruhi keputusan pimpinan.

Ia mengungkapkan, kelima Pimpinan KPK sangat independen dan tidak mungkin terpengaruh dengan perkataan-pertkataan di luar.

“Tidak ada kelompok kecil yang memengaruhi kebijakan. Saya pastikan tidak ada,” ucap Agus.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan hal yang sama seperti Agus, ia yakin pasti ada kubu-kubu di setiap organisasi atau instansi mana pun.

Akan tetapi, masih dianggap batas aman apabila kelompok tersebut tidak mengganggu jalannya roda organisasi.

“Yang pasti, persaingan apapun harus sehat. Apakah yang dikatakan friksi saling menjatuhkan? Tidak juga,” ucap Basaria.

Basaria mengungkapkan, persaingan antar karyawan memang sulit untuk dihindari. Akan tetapi, sampai dengan saat ini, ia menilai, persaingan di KPK masih wajar.

Sebelumnya, Aris Budiman mengatakan bahwa keberadaan dua faksi dalam tubuh penyidik. Dua faksi tersebut diantaranya penyidik yang berasal dari anggota kepolisian dan juga penyidik internal KPK.

Menurut dia, friksi tersebut timbul dikarenakan adanya perebutan posisi dalam menempati posisi penyidik utama.

Dirinya mengatakan bahwa ada salah satu penyidik senior yang sering menolak usulan rekrutmen penyidik. Sementara itu, penyidik senior tersebut juga sering menentang kebijakannya dalam hal penyidikan secara terbuka. Saat anggota Pansus Angket KPK Junimart Girsang menanyakan apakah penyidik senior yang dimaksud adalah Novel Baswedan, Aris membenarkan.

Related posts