Istana Presiden Palestina Akan Diubah Jadi Perpustakaan?

Istana Presiden Palestina Akan Diubah Jadi Perpustakaan

Beritatrendindonesia.com – News, Pejabat Palestina dikabarkan memulai sebuah proyek untuk mengubah istana kepresidenan di dekat Kota Ramallah di Tepi Barat, menjadi perpustakaan nasional.

Presiden Mahmoud Abbas dan pemerintahannya yang diketahui sedang mengalami kekurangan uang, dihujani pertanyaan terhubung dengan pembangunan istana yang bernilai sebesar 17,5 juta dollar AS itu.

Awalnya, bangunan itu memang ditujukan sebagai markas presiden dan lokasi untuk menerima tamu dan pejabat asing.

Belakangan ini, Presiden Abbas memutuskan untuk mengubah kompleks seluas 4.700 meter persegi itu menjadi sebuah perpustakaan nasional Palestina.

Keterangan ini diungkapkan oleh Menteri Kebudayaan Ehab Bessaiso kepada AFP, Minggu (27/08/2017).

Kompleks tersebut terletak di lahan yang memiliki luas sebesar 27.000 meter persegi.

“Presiden meyakini istana tersebut harus digunakan untuk kepentingan publik dengan mengubahnya menjadi sebuah perpustakaan nasional besar yang akan diawasi oleh dewan pengawas.”

Demikian yang diungkapkan oleh Mohammed Shtayyeh, Kepala Dewan Ekonomi Palestina untuk proyek Pembangunan dan Rekonstruksi.

Pembangunan istana di Desa Surda dimulai sejak lima tahun yang lalu, akan tetapi tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengubahnya menjadi perpustakaan.

Proyek pembangunan itu dibayar oleh Kementerian Keuangan Palestina dan Pecdar, sebuah institusi yang menangani dana donor.

Related posts