BNPD ” Setidaknya Ada 131 Kali Gempa Susulan Di Kota Palu “

BNPD-Setidaknya-Ada-131-Kali-Gempa-Susulan-Di-Kota-Palu

Beritatrendindonesia.com – News Menurut informasi dari Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPD sampai dengan saat ini setidaknya ada 131 gempa susulan yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Dimana untuk getaran terbesar terjadi 2 hari yang lalu tepatnya Jumat 28 September 2018 yang lalu dengan kekuatan 7.4 SR.

Sampai dengan hari Sabtu 29 September 2018 pukul 15:00 WIB kurang lebih ada 131 gempa susulan, dan yang dirasakan sebanyak lima kali, ujar Sutopo di Kantor BNPD.

Kurang lebih ada 24 kecamatan yang sampai saat ini masih merasakan gempa susulan di Kabupaten Donggala, dan ada 8 kecamatan di Palu.

Sedangkan untuk jumlah korban jiwa sementara ini 384 orang meninggal, 540 orang luka-luka dan 29 orang masih dalam pencarian. Adapun 384 orang yang meninggal terdapat paling banyak di ujung Teluk Palu. Sebagian besar di sebabkan terjangan Tsunami, ujar Sutopo.

Seiring dalam tahap evakuasi, tim dari DVI Polri menambahkan jumlah personel dan terus melakukan identifikasi terhadap korban yang meninggal dunia, dan sampai saat ini belum di ketahui apakah ada warga negara asing yang menjadi korban.

Sampai saat ini diperkirakan masih ada 10.000 lebih pengungsi yang berada di 50an titik pengungsian sementara di Kota Palu. Korban yang berada di pengungsian dipastikan akan mendapatkan bantuan berupa tempat berlindung, makanan dan obat obatan bagi pengungsi yang sedang sakit.

Jenazah korban saat ini masih di simpan di Rumah Sakit di Kota Palu, dimana ada sebagian dijemput oleh pihak keluarga korban. Korban yang belum ditemukan pastinya masih banyak, karena masih banyak sekali reruntuhan ruko, hotel, gudang dan lainnya yang masih belum dapat dijangkau pencariannya. Kurangnya bantuan alat berat dan ditambah dengan banyak akses jalan menuju Palu yang rusak dan terputus, mengakibatkan terhambatnya proses evakuasi.

Related posts