Berikut Penyebab Suara Tiba-tiba Serak Ataupun Hilang

Berikut Penyebab Suara Tiba-tiba Serak Ataupun Hilang

Beritatrendindonesia.com – News, Suara serak maupun hilang tentunya akan mengganggu aktivitas setiap orang yang mengalaminya terutama dalam hal komunikasi. Namun banyak yang tidak mengetahui apa bisa membuat suara seseorang menjadi serak ataupun hilang.

Dikatakan dr Zainal Adhim SpTHT-KL (K), PhD, Spesialis THT, suara yang serak ataupun hilang biasanya disebabkan oleh infeksi akibat dari batuk ataupun pilek dan sakit tenggorokan.

“Biasanya apabila habis batuk dan pilek, sakit tenggorokan dan sebagainya, tiba-tiba sakit suara serak mungkin itu dikarenakan infeksi biasa, jadi gejala infeksi dari tenggorokan ke pita suaram” ungkap Zainal.

dr Zainal menambahkan, apabila suara serak sudah berlangsung cukup lama lebih dari dua atau tiga minggu dengan pengobatan yang adekwat, akan tetapi masih belum membaik, hal itu artinya harus dikhawatirkan.

“Jangan terlalu menganggap bahwa suara serak berbahaya namun jangan pula menganggap enteng,” ungkap pria yang juga sebagai konsultan laringofaringologi.

Selain daripada karena infeksi yang diakibatkan oleh virus atau bakteri dan pada umumnya bersamaan dengan common cold, suara serak juga dapat disebabkan oleh infeksi kronis seperti faktor HIV/AIDS.

“Bisa juga disebabkan oleh lesi jinak pita suara, biasanya muncul karena penyalahgunaan suara yang menimbulkan trauma bagi pita suara,” ungkap dr Zainal.

dr Zainal mengungkapkan, penyebab suara serak juga dapat dilatarbelakangi oleh profesi, seperti penyanyi atau guru yang menyebabkan adanya nodul atau semacam tumor lesi jinak. Infeksi lainnya yang membuat suara tiba-tiba serak maupun hilang diantara polip vocal cord, papiloma larynx serta kanker laring.

Related posts