Benarkah Posisi Apple Akan Disalip Vendor China?

Benarkah Posisi Apple Akan Disalip Vendor China

Beritatrendindonesia.com – News, Pasaran dari smartphone global didominasi oleh Samsung dan Apple sebagai dua pabrikan terbesar, sementara Huawei berada pada peringkat ketiga. Data tersebut didapatkan dalam laporan kuartal II 2017 dari firma riset pasar IDC.

Namun, diperkirakan akan terjadi perubahan dengan urutan tersebut dikarenakan meningkatnya penjualan ponsel pintar Huawei, terutama dari seri P, M, dan model seri Honor yang relatif lebih terjangkau.

Negara China, pengapalan smartphone Huawei meningkat 22,6 persen secara year-on-year pada kuartal II 2017. Kemudian diluar daripada China, pengapalan smartphone Huawei juga meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, seperti di Asia Tenggara, Jepang, Korea (45 persen) dan Eropa (18 persen).

Namun, hal sebaliknya terjadi pada Apple. Pengapalan smartphone Apple (iPhone) cenderung menurun. Pengapalan pada Huawei dan Apple pada kuartal II 2017 hanya berselisih 2,5 juta unit. Dari sisi iPhone terkirim sebanyak 41 juta unit, sedangkan untuk smartphone Huawei pada angka 38,5 juta unit.

Apabila tren ini terus berlanjut, maka tidak heran posisi Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar di dunia diperkirakan akan disalip oleh Huawei pada kuartal III 2017.

Perkiraan dari sumber industri yang telah dirangkum dari Digitimes, Sabtu (12/8/2017), mengungkapkan Huawei akan meningkatkan pengapalan produk ponsel pintarnya sampai dengan 41 juta unit pada kuartal III 2017.

Sedangkan untuk calon pembeli iPhone menahan diri dikarenakan menunggu kemunculan iPhone generasi berikutnya di bulan September 2017, untuk itu pengapalan smartphone Apple akan menurun.

Sepertina tinggal menunggu waktu sebelum Apple disalip dari posisi kedua. Namun urutan tersebut dapat berbalik kembali ketika iPhone generasi berikutnya sukses di pasaran.

Related posts