Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi

Beberapa kebiasaan yang dapat merusak gigi

Beritatrendindonesia.com – News, Gigi geligi kita bukan hanya berfungsi sebagai pengunyah atau penghancur makanan namun juga untuk estetika wajah secara keseluruhan. Tentunya anda kurang percaya diri jika memiliki gigi yang terlihat kuning, berlubang, bahkan tanggal.

Ketahuilah beberapa kebiasaan yang dapat berdampak pada rusaknya gigi.

1. Mengunyah es batu

Es baru memang bebas dari gula dan alami, namun bukannya tanpa kesalahan. Kebiasaan ini yang membuat gigi menjadi terkikis bahkan retak.

2. Minum susu sebelum tidur

Tidak pernah ada kata terlalu muda untuk merawat gigi. Memiliki kebiasaan meminum susu dari botol dapat membuat gigi menjadi berlubang. Bayi juga akan terbiasa tidur dengan botol di mulutnya, sehingga gula dari susu akan menempel pada gigi semalaman.

3. Gemeretak gigi

Menggemeretak gigi memang sering dilakukan seseorang tanpa sadar. Kebiasaan ini dikarenakan stres atau pola tidur yang tidak teratur. Kebiasaan ini jia dibiarkan dalam jangka panjang dapat membuat gigi lebih sensitif bahkan rapuh.

4. Mengunyah permen karet

Semua permen karet dapat merusak gigi, namun ada beberapa jenis permen yang dampaknya lebih daripada itu, salah satunya adalah permen karet yang kenyal. Selain daripada menempel di gigi, permen karet ini juga dapat membuat gigi terpapar gula lebih lama.

5. Merobek dengan gigi

Membuka kemasan sachet, tutup botol, atau merobek plastik dengan gigi mungkin cara yang paling cepat, tetapi kebiasaan ini dapat membuat gigi menderita. Menggunakan gigi sebagai alat dapat menyebabkan gigi retak atau terkikis.

Related posts