Alasan Jokowi Dibalik Batalnya Kenaikan BBM

Alasan-Jokowi-Dibalik-Batalnya-Kenaikan-BBM

Beritatrendindonesia.com – News Adanya wacana untuk menaikkan harga BBM Premium beberapa waktu lalu akhirnya dibatalkan. Lantas Presiden Jokowi juga menjelaskan alasannya untuk membatalkan kenaikan BBM dengan pertimbangan untuk menjaga kepentingan rakyat yang membuat penyebab dibatalkan kepustusan untuk kenaikan BBM.

Sebelumnya ada rencana untuk menaikkan harga BBM Subsidi yakni Premium, namun setelah adanya kalkulasi mengenai inflasi dan daya beli masyarakat serta pertumbuhan ekonomi keputusan menaikkan harga BBM dibatalkan untuk saat ini, ujar Presiden Jokowi, di Bogor.

Dimana sebelumnya sempat dipustuskan harga Premium akan di naikkan menjadi Rp 7.000 per liter yang sebelumnya Premium dengan harga Rp. 6.550 perliter.

Sebelumnya diputuskan harga BBM seperti Premium, DEX dan Pertamax ditetapkan naik, dengan alasan harga minyak mentah Indonesia ( ICP ) ataupun Brent yang naik. Namun setelah adanya pertimbangan dengan adanya kenaikan harga Premium akan mengganggu pertumbuhan ekonomi yang saat ini masih di topang konsumsi rumah tangga, menurut Data Badan Pusat Statistik ( BPS ) menunjukkan struktur ekonomi masyarakat masih di topang oleh konsumsi rumah tangga sebesar 56.32 %

“Oleh sebab itu kemarin setelah mendapatkan laporan terakhir dari Pertamina, berapa sih seandainya kalau kita naikkan jadi segini harganya, dihitung lagi keuntungan tambahan di Pertamina, dan hasilnya tidak signifikan. Sudah kalau begitu saya putuskan premium batal,” ujar Jokowi di Bogor, Sabtu (13/10).

Penilaian Jokowi apabila harga BBM dinaikkan maka tingkat konsumsi akan rendah, dengan perhitungan dan dengan angka yang realistis, kenaikan harga BBM dibatalkan, ujar Jokowi.

 

Related posts