6 Ledakan Bom Guncang Bangkok, 4 Luka-Luka

Bangkok – Sebanyak 6 bom mengguncang ibu kota Thailand pada hari Jumat (02/08/2019), melukai 4 orang dan menghebohkan Bangkok pada saat menjadi tuan rumah dari pertemuan security Asia Tenggara, termasuk diplomat tinggi dari Amerika Serikat dan Cina.

Satu bom berhasil ditemukan sebelum meledak oleh perwira polisi. Tetapi, sebanyak 3 bom meledak di Komplek Pemerintah di daerah Chaeng Wattana. Dua lainnya di daerah Chong Nonsi.

Bom yang berada di Chaeng Wattana dan Chong Nonsi merupakan bom waktu.

4 orang yang terluka dibawa ke Erawan Medical Center. Menurut laporan, tidak ada luka serius dan sudah ditangani oleh pihak rumah sakit.

Tiga orang dari yang terluka merupakan petugas pembersih jalan. Saksi mata mengatakan bahwa seorang satpam juga terluka karena terkena imbas bom tersebut.

Menurut laporan koran lokal, kaca di stasiun Skytrain BTS di Chong Nonsi langsung hancur seketika setelah ledakan keras yang diakibatkan oleh bom tersebut. Dua pintu keluar stasiun di tutup akibat ledakan tersebut.

Petugas keamanan menjaga di tempat dimana bom sudah meledak di stasiun BTS. (Foto: Soe Zeya Tun)

Bom Ping Pong merupakan tipe bom yang diledakkan. Bom ini berukuran seperti bola tennis yang disembunyikan di semak-semak yang berada di tepi jalan raya.

Menurut keterangan kepolisian setempat, bom ini merupakan serangan yang ditujukan oleh satu kelompok tertentu untuk mempermalukan pemerintah Thailand selama KTT Besar berlangsung, tetapi bom ini tidak dirancang untuk melukai masyarakat.

Tidak satupun bom yang meledak berada di area dimana pertemuan sedang di laksanakan.

Pada hari Kamis (01/08/2019), kepolisian Bangkok menemukan dua bom palsu di dekat area pertemuan yang akan dilaksanakan pada hari Jumat.

Related posts